Ini Alasan Kenapa Kamu Sulit Jadi Orang Kaya

aaa.jpg

Pasti kamu sering mendengar pepatah “Menabung Pangkal Kaya”, sebenarnya itu tidak salah tetapi jika kamu berharap untuk kaya hanya dengan menabung saja itu yang salah.

Karena ternyata kebiasaan orang kaya itu selain menabung tetapi juga investasi. Pernah denger kan “orang kaya makin kaya”. Karena mereka percaya bahwa investasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan dan menanamkan uang mereka di properti, seni, bisnis, dan investasi lain.

Kenapa menabung saja tidak cukup?

Menabung tidak akan bisa mengejar laju inflasi. Bunga bank yang didapatkan saat menabung deposito rata-rata sekitar 3% per tahun setelah dikurangi biaya admin dan pajak, sementara tingkat inflasi sekitar 3%-7% per tahun pada tahun 2014 sampai 2018 (bi.go.id). Dengan perbandingan tingkat bunga tabungan dibawah inflasi menyebabkan nilai tabungan akan tergerus.

Tabungan bukan sebuah alat untuk mencapai tujuan yang besar

Untuk mencapai tujuan besar dibutuhkan waktu relatif lebih lama dan harga yang mahal seperti membeli rumah. Menabung tanpa investasi hanya akan membuat tujuan besarmu sulit dicapai.

Contohnya, Anda ingin membeli rumah 10 tahun dari sekarang seharga 1M. setelah tabungannya tercapai, apakah harga rumah itu akan tetap 1M? tentu tidak, mungkin harganya akan menjadi 2 kali lipat bahkan 5 kali lebih mahal. Apakah kamu akan tetap menabung saja?

Merubah pemikiran kita akan resiko

Kebanyakan orang berfikir menabung untuk mendapatkan rasa “aman”. Sehingga kamu akan sulit menerima resiko dalam berinvestasi dan hanya melihat investasi dari satu sisi saja yaitu “kehilangan” uang. padahal dalam jangka panjang tabungan juga akan mengalami kehilangan nilai uang akibat inflasi.

Lalu bagaimana? Solusinya adalah investasi. Investasi ada bermacam macam salah satunya reksadana. Reksadana adalah jenis investasi bebas pajak dan cocok untuk pemula bahkan untuk orang yang benar benar baru dengar sekali tentang investasi.

Apalagi sekarang sudah ada aplikasi yang membantu kamu untuk menentukan reksadana apa yang sesuai dengan tujuan kamu dan profil resiko. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena salah memilih reksadana.

Yuk tunggu apa lagi buruan download Bibit sekarang, agar kamu terselamatkan dari inflasi

Bibit appstore image_5.5 iphone 1 copy 6.png