Faktor Penyebab Naik Turunnya Harga Reksadana

Mutual-funds-652x435.jpg

Dalam berinvestasi kamu perlu mengetahui apa penyebab reksa dana tersebut naik dan turun. Reksa dana sendiri adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor).

Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau surat utang, instrumen pasar uang dan uang tunai.

Jadi, yang mempengaruhi naik turunnya NAB reksa dana adalah naik turunnya instrumen investasi tersebut. Apa saja yang menyebabkan perubahan harga instrumen investasi?

Tingkat Suku Bunga

Dalam pasar uang kebijakan suku bunga mempengaruhi naik turunnya instrumen investasi. Jika suku bunga naik maka deposito naik sehingga reksa dana pasar uang juga naik.

Tetapi jika suku bunga turun maka, obligasi dan saham naik sehingga reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham meningkat.

Kondisi Pasar Modal

Positif dan negatifnya kondisi pasar modal akan mempengaruhi pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG akan menjadi stimulus untuk harga-harga saham. Kondisi pasar yang positif akan meningkatkan return reksa dana.

Sebaliknya jika kondisi pasar negatif akan menurunkan return reksa dana terutama pada reksa dana pasar saham.

Sekarang udah tau kan kenapa reksadana itu bisa naik dan turun? Yuk investasi reksadana dan kenali reksadana lebih dalam bersama bibit.

70.png