Update Terbaru dari Bibit.id - Agustus 2019

Untitled-1-04.jpg

Hai, Sobit! Sejak dirilis akhir Januari 2019 sebagai agen penjual reksadana di Apps Store dan Play Store, Bibit.id muncul sebagai aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah pengguna pemula (investor pemula) dalam memulai investasinya.

Nah, sekarang sudah banyak yang baru nih dari Bibit.id, mulai dari produk reksadana dan fitur yang menambah kenyamanan kamu dalam menggunakan aplikasi ini. Berikut beberapa hal yang baru di Bibit.id:

Produk

Salah satu yang baru adalah penambahan produk dari berbagai perusahaan terpercaya, agar Sobit semakin yakin lagi untuk memulai investasi sesuai pilihan dan juga menambah referensi produk reksadana, seperti Schroder Investment Management dan Manulife Asset Management Indonesia.

Schroder Investment Management Indonesia

Schroders_Logo_Prussian Blue_RGB (1).jpg

Merupakan manajer investasi yang telah menerima izin manajer investasi (MI) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tertanggal 25 April 1997. Per Desember 2018, Schroders Indonesia mengelola dana sebesar Rp 83.73 trilliun per Juni 2019.

Manulife Asset Management Indonesia (MAMI)

Siapa yang nggak kenal Manulife? Hadir di Indonesia sejak tahun 1996, perusahaan ini sudah terdaftar dan diawasi OJK. Per Maret 2019, MAMI mengelola dana masyarakat sejumlah Rp70,8 triliun.

Manulife_Investment_Management_stacked_rgb (1).png

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun membuat produk reksadana menjadi semakin piawai dan terpercaya mengelola dana kita. Pengalaman memang guru terbaik, tapi dalam hal investasi, faktornya bukan cuma berapa lama berdirinya suatu produk, ya! Banyak hal lain yang wajib dipertimbangkan. Untuk mempermudah, Bibit.id sudah merekomendasikan produk reksadana terbaik lewat robo-advisor.

Fitur Baru

Bibit.id akan terus menambah fitur-fitur baru agar kamu semakin nyaman dan nggak ribet dalam berinvestasi. Salah satu fitur baru yang bisa membantu adalah “nabung rutin”.

Nabung rutin

KIRIM NOW-03.png

Nabung rutin adalah “fitur pengingat” agar kamu tidak lupa untuk berinvestasi secara rutin, dengan fitur ini kamu akan mendapatkan notifikasi setiap bulannya sesuai dengan tanggal yang sudah kamu tentukan. Caranya, kamu tinggal klik “Nabung Rutin” di halaman utama, pilih portfolio kamu, tentukan nominalnya. Kemudian, pilih metode pembayarannya, tentukan tanggal, klik “Terapkan” deh!

Kenapa sih nabung rutin itu penting? Dalam investasi, nominal memang menjadi salah satu faktornya, tetapi bukan hanya itu saja yang menjadikan kamu sukses berinvestasi. Sebab nggak semua orang punya dana lebih, tapi ada satu faktor sukses investasi yang semua orang bisa lakukan yaitu disiplin investasi. Disiplin berarti kamu harus konsisten atau rutin investasi setiap bulannya, salah satu strategi rutin menabung adalah Dollar Cost Averaging (DCA).

Keuntungan dari metode ini adalah membuat kamu mengambil keputusan investasi lebih rasional dan terhindar dari keputusan investasi yang emosional, sehingga kamu terhindar dari risiko yang besar atau terkena imbas dari kejatuhan pasar modal.

Jadi, nggak perlu takut jika dalam waktu jangka pendek investasi kamu sedang merah (rugi), tetap konsisten dan rutin investasi. Sebab, dalam jangka panjang ada efek Compounding (bunga berbunga) yang membuat keuntungan kamu lebih optimal.

Kamu bisa baca juga artikel tentang efek compounding di sini.

Salam Cuan!