Cara Mengatasi Investasi Yang Rugi?

cara mengatasi investasi yang rugi.jpg

Sewaktu investasi kamu turun, kamu mungkin berpikir: wah! saya rugi dong, saya simpan semua investasi saya di Bibit atau jual saja? Langkah cerdas menyikapi situasi ini adalah tetap santai dan tidak melakukan apa-apa. Tetap nabung rutin secara konsisten tanpa peduli naik atau turunnya harga reksadana.

Kenapa?
Sejarah membuktikan bahwa, setiap penurunan pasar yang terjadi, akan selalu kembali naik. Sebagai contoh: IHSG selama 10 tahun terakhir naik 367% 

Artinya apa?

Dalam jangka panjang, pasar yang tadinya buruk akan berubah menjadi ladang investasi yang siap kita panen di masa depan. 

Kita tidak perlu berusaha menang melawan market karena secara probabilitas dan statistik, kita percaya market tetap akan naik dalam jangka panjang. Dalam investasi, melakukan market timing adalah hal yang sangat sulit bahkan bagi professional investor sekalipun. Lebih baik untuk tidak peduli dengan kondisi ekonomi.


Dua teman investasi terbaik kamu adalah waktu dan perencanaan yang baik. Bibit bisa membantu di keduanya. 
Bibit akan merancang portofolio investasi yang optimal dan secara dinamis akan menjaga tingkat risiko sesuai profil kamu. Sehingga kamu bisa berinvestasi secara rutin dengan hasil yang baik secara jangka panjang. 

Belum punya aplikasi Bibit? Download Sekarang!

investasi reksadana online