Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai manfaat financial freedom atau mencapai kebebasan finansial. Financial freedom adalah kondisi atau tahap di mana seseorang sudah memiliki passive income yang cukup untuk memenuhi biaya hidupnya sehari-hari. Lantas bagaimana cara untuk mencapai financial freedom?

Simak tipsnya di bawah ini!

1. Catat Pengeluaran Secara Detail

Tahap pertama dalam mencapai financial freedom adalah catat pengeluaran secara detail. Dengan mencatat pengeluaran secara detail, kamu bisa mengetahui kondisi keuanganmu seperti berapa biaya yang kamu butuhkan hingga mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan.

2. Tambah Active Income

Langkah selanjutnya adalah menambah active income. Active income adalah penghasilan yang kamu dapatkan dari pekerjaan yang kamu lakukan. Semakin besar active income yang kamu hasilkan, maka akan semakin besar juga dana yang bisa kamu alokasikan untuk investasi. 

Di era sekarang ini, peluang untuk menambah active income lebih mudah untuk dilakukan karena banyaknya pekerjaan sampingan atau freelance yang mudah untuk dilakukan secara online atau remote seperti: freelance pasang iklan di blog, jadi penerjemah, hingga bikin usaha dropship dari online shop.

3. Investasi

Untuk mencapai financial freedom, maka kamu juga harus investasi agar mendapatkan keuntungan dari imbal hasil atau return. Dengan hasil return itulah  kamu bisa mengembangkan nilai uangmu untuk segera mencapai financial freedom. 

Kesimpulan

Mencapai kebebasan finansial memang bukanlah suatu hal yang mudah dan instan. Kamu perlu untuk mulai membenahi pengeluaran, menambah active income, hingga berinvestasi untuk membantu mengembangkan asetmu agar bisa segera mencapai financial freedom

Maka dari itu, mulai jadikan investasi sebagai kebiasaan baik kamu untuk mencapai kebebasan finansial dan jangan lupa cek kolaborasi terbaru Bibit x Antidot: Path to Financial Freedom Collection yang akan membawa pesan investasi ke dalam kehidupan sehari-hari! Yuk cek sekarang! 😉