Banjir Angpao? Ini Trik Kelola Uang Angpao Yang Lebih Smart

Perayaan Imlek identik dengan bagi-bagi angpao. Tapi kamu tau nggak istilah angpao ini apa? Nah, dalam kamus bahasa Mandarin "uang yang dibungkus dalam kemasan merah sebagai hadiah; bonus bayaran; uang bonus. Sebenarnya angpao sudah ada dari 100 tahun lalu di negeri China. Seperti yang dilansir thestar.com.my, sejarahnya orang tua memberikan anak-anaknya 100 koin. 

Di dalam kepercayaan mereka, pemberian 100 koin ini akan berarti mendoakan anak mempunyai umur yang panjang hingga 100 tahun. Biasanya, koin-koin ini diberikan saat malam sebelum hari raya Imlek, tujuannya supaya mereka bisa membeli baju baru atau menabungnya. Nah, sementara amplop angpao yang identik dengan warna merah ini menandakan kebahagian dan kelimpahan dari penerimanya.

Layaknya doa, kalau kamu banjir uang angpao sebaiknya kamu lebih cerdas mengelolanya. Nah, ini trik kelola angpao kamu!

Sisihkan untuk Ditabung

Sama seperti tujuan awal munculnya angpao, uang ini di kasih agar kita tabung. Hal ini juga yang dilakukan Benny, bekerja sebagai Art Director, "Gue sih biasanya abisin belanja 50% terus 20%-nya baru gue tabungin deh, hehehe". Nah, berbeda dengan Andrew, Analyst di Bibit "Kalo gue biasanya di tabung bisa sampai 50%-nya". 

Lalu sebenarnya berapa idealnya? Tabungkan 30% uang angpao kamu, tapi berapapun yang kamu tabung itu tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing orang. Karena yang terpenting, kamu tetap bisa gunakan uang kamu sebaik-baiknya karena tabungan jadi dana buat masa depanmu.


Belanja Saat Promo Imlek

Nah selain ditabung, beli baju baru juga dianjurkan. Angpao ini ibarat rezeki nomplok, jadi sangat wajar kalau uang angpao kamu pakai buat beli barang yang sudah kamu inginkan. Hitung-hitung jadi self reward satu tahun sekali, ya kan? 

Nah, ini yang dilakuin Ardelia, seorang Creative Director "Aku bisa habisin semuanya, hahaha" jelasnya sambil tertawa. Sah-sah saja kamu belanja apalagi di momen imlek ada banyak promo jadi kamu bisa tetap belanja dengan harga yang lebih murah. Jadi, isi uang di angpao kamu bisa lebih hemat.


Tambah Uang Angpao dengan Investasi

Abis banjir uang angpao, kamu nggak mau kan uangnya habis gitu aja? Kamu harus pintar kelola uang kamu dengan menambahkan nilai uang kamu. Nah, triknya investasikan.Nggak perlu banyak-banyak, ideal uang yang harus kamu investasikan 20% saja kok. Tapi kalau kamu bisa lebih seperti Elaine, berprofesi sebagai Growth Manager “Aku bisa sampai 80% investasiin uang angpao aku”

Nah, buat pemula, kamu nggak perlu bingung pilih investasi apa yang cocok. Reksadana bisa jadi pilihan kamu, karena bisa menghasilkan keuntungan di masa depan. Yuk, mulai investasi sekarang!