Cara Kumpulin Dana Pensiun Pakai Obligasi FR

Semua orang tentu ingin hidup yang nyaman ketika telah memasuki masa pensiun. Namun biaya hidup yang terus naik membuat jumlah dana yang perlu disiapkan makin besar. Bahkan jika dihitung, biaya pensiun bisa sampai miliaran rupiah!

Jika kamu saat ini telah memiliki sejumlah dana yang cukup besar, tidak ada salahnya mempertimbangkan berinvestasi untuk dana pensiun. Salah satu pilihan investasinya adalah Obligasi FR!

Simulasi Investasi Obligasi FR untuk Dana Pensiun

Berdasarkan yield per 12 Februari 2024, tanpa reinvestasi kupon

Source: Bibit

Misalnya kamu berusia 30 tahun yang berencana untuk pensiun sekitar 25-30 tahun lagi:

→ Investasi secara lump-sum (menginvestasikan sejumlah besar dana secara sekaligus di awal) pada Obligasi FR seri FR0089 yang tersedia di Bibit dengan jatuh tempo 15 Agustus 2051 (27 tahun lagi).

Obligasi FR Cocok untuk Investasi Dana Pensiun, Kenapa?

  • 🏛️Aman dijamin Negara 🡪 Pengembalian pokok dan kupon atas Obligasi FR dijamin 100% oleh negara melalui undang-undang. Pemerintah Indonesia belum pernah mengalami gagal bayar surat utang sejak negara ini berdiri.

  • ⏳Memiliki Jatuh Tempo Panjang 🡪 Obligasi FR memiliki jangka tempo yang bervariasi, mulai dari pendek (di bawah 1 tahun) hingga panjang (sampai dengan 30 tahun. Investor dapat mencocokkan jangka waktu obligasi FR dengan sisa tahun produktif sesuai umurnya.

  • 🔐Imbal Hasil Pasti dan Dapat Dikunci 🡪 Ketika melakukan pembelian Obligasi FR, maka secara otomatis investor telah mengunci yield jika memegangnya hingga jatuh tempo. Hal ini penting untuk memproyeksikan berapa dana yang akan kita terima di masa pensiun.

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan dalam Persiapan Dana Pensiun

  • Usia Pensiun 

    Semakin cepat memulai mengumpulkan dana pensiun, maka semakin panjang pula waktu yang dimiliki sehingga dapat merasakan efek compounding yang lebih besar. 

  • Kebutuhan Setelah Pensiun

    Beberapa hal yang dapat mempengaruhi besar kecilnya biaya ini antara lain: gaya hidup, lokasi/tempat tinggal, hingga kondisi kesehatan.

  • Inflasi

    Dalam menyiapkan dana pensiun, penting untuk memilih instrumen investasi yang memberikan return lebih tinggi dari inflasi.

  • Profil Risiko dan Pilihan Investasi

    Instrumen yang dipilih harus memberikan imbal hasil yang positif dalam jangka panjang namun juga tetap disesuaikan dengan profil risiko kamu.

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual aset investasi tertentu.