Investasi Syariah Lewat Bibit

Tak terasa kita sudah memasuki pekan kedua Ramadan. Mumpung masih awal Ramadan, kamu bisa investasi di instrumen-instrumen berbau syariah di aplikasi Bibit. 

Caranya mudah, kamu tinggal mengaktifkan toggle Bibit Syariah di aplikasi Bibit. Fitur ini berfungsi agar aplikasi Bibit hanya menampilkan Reksa Dana Syariah dan Surat Berharga Negara (SBN) syariah. 

Dengan kata lain, Reksa Dana non syariah dan SBN non syariah akan di-hide jika kamu mengaktifkan fitur Bibit Syariah. 

Secara prinsip, Reksa Dana Syariah sama seperti reksa dana konvensional. Bedanya, pengelolaan Reksa Dana Syariah tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal. 

Jadi, alokasi aset Reksa Dana Syariah ditempatkan pada produk berbasis syariah, seperti sukuk, pasar uang, dan saham yang ada di Daftar Efek Syariah (DES). 

Reksa Dana Syariah juga dikelola oleh Manajer Investasi (MI) dan bank kustodian. Ada beragam pilihan Reksa Dana Syariah di aplikasi Bibit, mulai dari Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), dan Reksa Dana Saham (RDS). 

Sementara, pemerintah baru saja menerbitkan SBN syariah seri SR018 pada 3-29 Maret 2023 lalu. Namun, untuk kamu yang ketinggalan, kamu bisa siap-siap beli ST010 yang akan terbit pada 5-24 Mei 2023. 

Selain SR018 dan ST010, pemerintah juga akan menerbitkan SBN syariah seri SR019 dan ST011 sepanjang tahun ini. 

Dengan dikelola secara syariah, maka SBN tersebut bukan merupakan surat utang. Jadi, tidak ada unsur riba (usury), maysir (judi), dan gharar (ketidakjelasan). 

Sementara, konsep imbal hasil dalam SBN syariah adalah kupon yang disebut uang sewa (ujrah). Penerbitan SBN syariah menggunakan perjanjian (akad), sehingga sudah ada kejelasan investasi dari awal. 

Selain itu, pemerintah juga meminta opini syariah dan asesmen dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) untuk setiap penerbitan SBN syariah. Dengan kata lain, tidak perlu diragukan lagi kehalalan dari SBN syariah.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk aktifkan toggle Bibit Syariah kamu untuk mendapatkan informasi mengenai investasi syariah di aplikasi Bibit. 

Writer: Tim CRM

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.