Kupon Sukuk Tabungan Selalu Lebih Tinggi dari Inflasi

Kabar gembira untuk kamu yang kemarin ketinggalan beli Surat Berharga Negara (SBN) dengan kupon floating with floor.

Kupon floating with floor artinya imbal hasil yang diberikan pemerintah akan mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). 

Tahun ini, pemerintah kembali merilis Sukuk Tabungan (ST) berseri ST009 sebagai SBN terakhir dengan kupon floating with floor. Nggak main-main, kupon minimal yang ditetapkan mencapai 6,15% atau lebih tinggi 0,65% atau 65 basis poin (bps) dari SBR011 yang hanya 5,5%.

Bahkan, kupon ST009 juga 140 bps lebih tinggi dibandingkan suku bunga acuan BI sekarang yang sebesar 4,75%. 

Dengan kupon floating with floor, investor berpotensi mendapatkan return sekaligus passive income lebih tinggi setiap tiga bulan sekali. Hal ini karena BI sedang agresif mengerek suku bunga acuan untuk menekan inflasi di dalam negeri. 

Berikut potensi passive income yang kamu dapat jika BI kembali menaikkan suku bunga acuan dalam tiga bulan ke depan:

Tak hanya itu, kupon atau imbal hasil ST selalu lebih tinggi dari inflasi domestik. Sebagai gambaran, pemerintah menetapkan kupon ST008 yang diterbitkan pada November 2021 lalu sebesar 4,8% atau lebih tinggi dari inflasi tahun kalender 2021 yang sebesar 1,87%.

Begitu juga dengan ST009 kupon minimalnya ditetapkan sebesar 6,15%. Angkanya lebih besar 40 basis poin dari inflasi tahunan yang sebesar 5,71% per Oktober 2022. 

Artinya, investasi di ST009 akan aman dari gempuran inflasi dan terus berkembang. Dengan demikian, tujuan keuangan bisa tercapai.

Jika dilihat lebih jauh, kupon ST selalu lebih tinggi dari inflasi dan suku bunga acuan BI. Berikut rinciannya.

Menariknya lagi, ST009 diterbitkan dengan prinsip syariah. Dengan kata lain, tak ada unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Hal ini berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Utama Indonesia (DSN-MUI).

Selain itu, imbal hasil yang diterima dari ST009 berupa uang sewa (ujrah) setiap bulan. Berbeda dengan jenis imbal hasil ORI dan SBR yang berupa kupon (bunga) setiap bulan. 

Jangan lupa pesan ST009 sampai 30 November 2022 di Bibit sekarang.