ORI023, Obligasi FR, dan Reksa Dana Obligasi: Sama-Sama Investasi Obligasi, Apa Bedanya?

Investasi di pasar obligasi kini terlihat menarik. Kenapa? Saat ini suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) berada di level 5,75% per Juni 2023. Ini artinya BI sudah menahan suku bunga acuan selama 5 bulan berturut-turut sejak Februari 2023. Angka ini sudah mendekati level suku bunga tertinggi pra pandemi di Juni 2019 yakni 6%.

Menanggapi keputusan ini, beberapa ekonom bank global seperti Citi dan Morgan Stanley melihat adanya peluang BI untuk mulai memangkas suku bunga acuan di tahun ini. Di sisi lain berdasarkan polling Reuters, 15 dari 23 ekonom memprediksi BI akan menahan suku bunga hingga akhir 2023.

Ekspektasi suku bunga yang telah mencapai puncaknya dan akan dipangkas membuat instrumen obligasi menjadi atraktif. Ini karena adanya hubungan berlawanan antara suku bunga dan harga obligasi. Ketika ekspektasi suku bunga turun, harga obligasi berpotensi naik.

Ada berbagai macam instrumen investasi berbasis obligasi, antara lain seperti SBN ORI023, Obligasi FR dan FR Syariah, serta juga Reksa Dana Obligasi. Lantas, apa perbedaan dari ketiga instrumen tersebut?

Perbedaan SBN ORI023, Obligasi FR, dan Reksa Dana Obligasi 

Alasan Investasi SBN ORI023 Menarik

1. Dua Pilihan Tenor 3 Tahun dan 6 Tahun

Ada 2 pilihan tenor yakni 3 tahun dan 6 tahun. Bisa disesuaikan dengan jangka waktu investasi.

2. Obligasi Negara dengan Return Tertinggi

Obligasi negara return tertinggi jika dibandingkan obligasi negara dengan tenor yang hampir sama (FR0086 & FR0095).

3. Return Lebih Tinggi dari Deposito dengan Pajak yang Lebih Rendah

Imbal hasil lebih tinggi dari deposito BUMN dan pajak yang lebih rendah (pajak ORI023: 10% dan deposito: 20%).

4. Return Fixed Rate

Imbal hasil fixed rate atau tidak akan berubah sampai jatuh tempo, tidak perlu repot memusingkan fluktuasi pasar dan ekonomi.

5. Rendah Risiko dan Dijamin Negara

Pembagian kupon dan pencairan pokok investasi aman dijamin negara melalui undang-undang.

Triple Cuan buat Kamu yang Investasi ORI023 di Bibit!

Bibit kasih jaminan buyback ORI023 dengan harga minimal 100% untuk seluruh unit ORI023 yang dijual kembali di tahun 2023.

Keuntungannya  Bagi Investor: 

  • Jaminan harga jual obligasi 100% selama 2023 

Kamu bisa jual kapan saja selama 2023, tanpa perlu menunggu 3 & 6 tahun. Ketika dijual, kamu juga nggak perlu takut rugi, karena Bibit bakal beli obligasi kamu di harga minimal 100%.

  • Triple Cuan 

Dapatkan cashback promo ORI023 di Bibit, kupon, dan jaminan buyback di harga beli minimal 100%. Jadi bisa dapat return 0,93% - 2,43% dengan investasi ORI023 selama 3 - 6 bulan saja, yang setara dengan 5,80% - 7,30%per tahun jika disetahunkan.

  • Lebih aman & cuan dibanding deposito 

Return 5,8% - 7,30%per tahun ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan deposito bank, namun dengan risiko yang lebih rendah. Karena, ORI023 dijamin negara dengan nominal berapapun, sedangkan LPS hanya menjamin deposito maksimal Rp2 miliar. Ini membuat ORI23 bisa menjadi alternatif short-term investment yang lebih menguntungkan dan lebih aman daripada deposito. 

Writer: CRM Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual produk investasi tertentu.