Pilihan Reksa Dana Obligasi untuk Kondisi Pasar Saat Ini!

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan inflasi Indonesia pada Juni 2022 mencapai +4,35% YoY yang merupakan level inflasi tahunan tertinggi sejak Juni 2017. Inflasi tahunan pada Juni 2022 Kenaikan inflasi ini bahkan melampaui target Bank Indonesia yang berkisar 2%- 4%.  Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Inflasi kenaikan harga, khususnya lonjakan harga komoditas masih akan berlanjut di semester-II 2022.

Dari segi perekonomian global, nilai tukar mata uang Euro terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada awal Juli 2022 menyusul sentimen kekhawatiran pasar akan terjadinya resesi di negara-negara maju. Ditambah dengan suku bunga acuan The Fed AS yang telah mencapai level 1,5-1,75%, menjadi kenaikan suku bunga acuan terbesar sejak 1994. 

Kondisi-kondisi perekonomian baik domestik maupun internasional tersebut tentu mempengaruhi pergerakan pasar. Tak terkecuali juga dengan investasi seperti reksa dana. Kenaikan suku bunga dan inflasi menjadi sederet faktor yang membuat pergerakan pasar sangat berfluktuasi. 

Akan tetapi di tengah naik-turunnya kondisi pasar ini, Reksa Dana Obligasi (RDO) tetap bisa menjadi opsi untuk investasimu. Meskipun biasanya, nilai obligasi cenderung turun jika suku bunga naik. Namun, Reksa Dana Obligasi yang berisikan aset obligasi/surat utang dengan tenor yang lebih pendek bisa menjadi salah satu pilihan investasi. Sebab pergerakannya cenderung stabil di tengah pergerakan pasar yang fluktuatif. Selain itu secara historis, potensi keuntungannya juga di atas tingkat inflasi.

Di aplikasi Bibit, ada beberapa pilihan produk Reksa Dana Obligasi dengan performa yang cenderung stabil. Penjelasannya ada pada tabel berikut:

Disclaimer: Informasi hanya untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli atau menjual produk tertentu.

** Alokasi Aset berdasarkan Fund Fact Sheet Produk Reksa Dana per Mei 2022

Apakah berbagai produk reksa dana obligasi tersebut menjadi salah satu pilihan investasimu? Apapun pilihan investasinya, yuk tetap lanjutkan lagi kebiasaan baikmu dalam berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan dan mewujudkan impianmu! Jangan lupa juga untuk selalu do your own research dan sesuaikanlah pilihan investasimu dengan jangka waktu, profil risiko, serta tujuan keuanganmu!

Writer: Catharina Kania A.

Editor: Merissa Maulia