RD Obligasi Optimal Setelah Jangka Waktu 2 Tahun

Return dari investasi Reksa Dana Obligasi lebih optimal dalam jangka waktu menengah  (2-5 tahun) hingga panjang ( lebih dari 5 tahun). Simak penjelasannya di bawah ini!

Isi RDO Minimal 80% di Instrumen Obligasi

RDO merupakan reksa dana yang minimal 80% komposisinya dialokasikan ke instrumen obligasi. 

Obligasi adalah surat yang diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi akan menjanjikan pembayaran di masa depan hingga jatuh tempo. Keuntungan obligasi dari kupon dan capital gain. 

Keuntungan dari Obligasi Akan Tercermin di NAV

Capital gain dan kupon yang didapat oleh manajer investasi saat mengelola reksa dana nanti akan tercermin dalam NAV.

Lalu, Apa yang Membuat NAV Bergerak Setiap Hari?

Misalkan Reksa Dana Obligasi Negara A memiliki alokasi aset terbanyak di Obligasi FR:


FR0056, FR0059, FR0068, FR0081, FR0082, FR0083, FR0086, FR0087, FR0091, FR0096


Dari top 10 holdings tersebut, kita ambil 1 produk Obligasi FR yaitu FR0081 yang mempunyai label “Top Short Term” di aplikasi Bibit.

Perubahan harga ini menjadi salah satu yang tercermin pada NAV RDO.

Begitu harga aset di RD Obligasi turun maka otomatis NAV juga akan ikut turun. (catatan: Reksa Dana Obligasi dalam kasus ini harga Obligasi FR)

Apakah itu Hal yang Baik atau Buruk?

Pergerakan harga obligasi akan berbanding terbalik dengan pergerakan yield obligasi.

Yield yang naik membuat manajer investasi cenderung untuk mengamankan posisi portofolio yang dikelola dengan produk yield yang relatif lebih tinggi. Dan hal sebaliknya juga berlaku.

Akan tetapi, hal ini tidak langsung terefleksi ke dalam pergerakan NAV. Alasannya karena angka yang terefleksi pada NAV adalah pergerakan harga dari obligasi yang turun, bukan yield yang naik.

Lalu, Investor Reksa Dana Harus Apa?

Dalam jangka pendek, perubahan harga tersebut akan menurunkan nilai NAV. Namun secara jangka panjang, perubahan harga tersebut dapat tertutup dengan sumber imbal hasil lainnya, yaitu nilai kupon obligasi. 

Jadi, kamu tetap bisa terapkan nabung rutin reksa dana obligasi dalam jangka waktu menengah  (2-5 tahun) hingga panjang ( lebih dari 5 tahun).