3 Jenis Investasi yang Cocok untuk UMKM, Pilih yang Mana?

Investasi dari keuntungan berbisnis dapat menjadi strategi yang baik untuk mengembangkan UMKM. Sebab, investasi memiliki keuntungan salah satunya adalah uang yang disimpan bisa tumbuh sehingga bisa melawan inflasi. 

Bagi pemilik bisnis, misalnya UMKM, beberapa keuntungan investasi antara lain: 

Keuntungan Investasi bagi Pemilik Bisnis

Pertumbuhan Modal

Salah satu tujuan utama investasi adalah  meningkatkan nilai modal. Investor berharap mendapatkan keuntungan dari investasi mereka dengan cara meningkatkan nilai aset atau mendapatkan pengembalian yang menguntungkan.

Pendapatan Pasif

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil,. Misalnya, Anda sebagai pengusaha memiliki dana idle yang belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dengan menginvestasikan dana idle tersebut, maka bisa menghasilkan arus kas yang stabil misalnya dalam bentuk bunga/kupon.

Mencapai Tujuan Keuangan

Investasi bisa menjadi jalan untuk mencapai tujuan keuangan dalam mengelola sebuah usaha. Misalnya, menambah modal untuk meningkatkan keuntungan. Dengan menyisihkan sebagian keuntungan, Anda semakin siap dalam mencapai tujuan perusahaan. 

Investasi Apa yang Cocok untuk UMKM?

Berikut adalah beberapa instrumen investasi yang bisa Anda pilih!

1. Deposito

Deposito adalah produk perbankan di mana Anda menempatkan sejumlah dana dalam rekening bank untuk jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga tetap yang telah disepakati sebelumnya. Deposito sering disebut sebagai "time deposit" karena dana tersebut ditempatkan untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

Keunggulan: Risiko rendah, tingkat bunga tetap sehingga bisa memberikan keuntungan yang konsisten.

Kelemahan: Pajak 20%, tidak bisa ditarik kapanpun karena ada jangka waktu tetap mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun ataupun lebih.

2. Rekening Giro

Rekening bank ini dirancang untuk memfasilitasi transaksi keuangan sehari-hari. Rekening ini biasanya digunakan oleh individu, perusahaan, sampai organisasi untuk menyimpan dan mengelola dana yang digunakan dalam aktivitas harian mereka.

Keunggulan: Likuiditas tinggi karena bisa ditarik kapanpun jika dibutuhkan. Keamanannya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Kelemahan: Tidak ada potensi return sehingga nilai uang akan tetap sama.

3. Reksa Dana

Reksa dana adalah paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) dan sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya MI akan investasi ke berbagai macam instrumen investasi. Siapapun bisa berinvestasi di reksa dana tanpa terkecuali, termasuk jika kamu adalah seorang pengusaha yang mengelola sebuah bisnis.

Keunggulan: Ada potensi keuntungan, bukan merupakan objek pajak, bisa dicairkan saat butuh, dan tidak ada penalti.

Kelemahan: Setiap investasi memiliki risiko, begitu pula dengan reksa dana. Namun hal ini bisa  diminimalisasi dengan pemilihan jenis reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai pemilik usaha atau institusi, Anda bisa mulai investasi di Reksa Dana Pasar Uang melalui Bibit Bisnis! Keunggulan Bibit Bisnis bisa Anda baca lebih lanjut di sini! Supaya semakin jelas, yuk kita lihat simulasi perbandingan hitungan dengan masing-masing instrumen investasi yang telah disebut di atas!

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.

Pada simulasi di atas terlihat bahwa investasi di reksa dana memberikan potensi return yang lebih tinggi dibanding deposito dan rekening giro. Jika Anda menginvestasikan dana idle di reksa dana, maka dalam setahun potensi return yang diperoleh sebesar Rp50 juta. Angka tersebut lebih tinggi dibanding return yang dihasilkan dari deposito (Rp24 juta/ tahun) dan rekening giro (Rp12 juta/tahun). 

Cara Daftar Bibit Bisnis untuk Para UMKM

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di reksa dana bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”. 

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut https://bibit.id/bisnis. Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id! 

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!

Writer: Tim CRM