5 Alasan Kenapa Sebaiknya Dana Perusahaan Diinvestasikan

Sebagai pengusaha, perlu ada strategi untuk mengelola dana perusahaan. Apalagi, jika perusahaan tersebut berkembang pesat dan mampu mencetak pertumbuhan pendapatan yang konsisten.

Investasi bisa menjadi salah satu strategi perusahaan dalam mengelola keuntungan dari berbisnis. Sebab, investasi memiliki keuntungan salah satunya adalah uang yang disimpan bisa tumbuh sehingga bisa melawan inflasi.

Alasan Kenapa Sebaiknya Dana Perusahaan Diinvestasikan

Pertumbuhan Modal

Salah satu tujuan utama investasi adalah meningkatkan nilai modal. Sebagai pengusaha, tentunya Anda berharap mendapatkan keuntungan dari investasi dengan cara meningkatkan nilai aset atau mendapatkan pengembalian yang menguntungkan.

Pendapatan Pasif

Investasi bisa menjadi sumber pendapatan pasif yang stabil. Misalnya, Anda sebagai pengusaha memiliki dana idle yang belum akan digunakan dalam waktu dekat. Dengan menginvestasikan dana idle tersebut, maka bisa menghasilkan arus kas yang stabil misalnya dalam bentuk bunga/kupon.

Mencapai Tujuan Keuangan

Investasi bisa menjadi jalan untuk mencapai tujuan keuangan dalam mengelola sebuah usaha. Misalnya, menambah modal untuk meningkatkan keuntungan. Dengan menyisihkan sebagian keuntungan, Anda semakin siap dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pelindungan dari Inflasi

Inflasi adalah peningkatan harga barang dan jasa dari waktu ke waktu. Investasi yang menghasilkan tingkat pengembalian yang melebihi tingkat inflasi dapat membantu Anda melindungi daya beli uang Anda. Sehingga, hasil keuntungan bisnis yang diperoleh, nilainya tidak akan tergerus oleh inflasi jika diinvestasikan pada instrumen yang sesuai dengan profil perusahaan.

Diversifikasi Risiko

Investasi yang terdiversifikasi dapat membantu mengurangi risiko. Dengan menempatkan uang Anda dalam berbagai jenis aset atau investasi, Anda dapat mengurangi dampak kerugian potensial dari penurunan nilai satu aset.

Investasi yang Cocok untuk Pengusaha

Berikut adalah jenis investasi yang cocok untuk pengusaha:

Deposito

Deposito adalah produk perbankan di mana Anda menempatkan sejumlah dana dalam rekening bank untuk jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga tetap yang telah disepakati sebelumnya. Deposito sering disebut sebagai "time deposit" karena dana tersebut ditempatkan untuk jangka waktu yang telah ditentukan.

Reksa Dana

Reksa dana adalah paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) dan sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nantinya MI akan investasi ke berbagai macam instrumen investasi. Siapapun bisa berinvestasi di reksa dana tanpa terkecuali, termasuk jika kamu adalah seorang pengusaha yang mengelola sebuah bisnis.

Obligasi FR

Obligasi Fixed Rate (FR) adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dengan kupon bersifat tetap yang dibayar setiap 6 bulan hingga jatuh tempo (sesuai UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara). Saat membeli Obligasi FR, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah yield, yaitu keuntungan per tahun yang akan didapat jika memegang Obligasi FR sampai jatuh tempo.

Berikut beberapa produk Obligasi FR yang dijual di Bibit!

Produk Obligasi FR per 8 September 2023

Investasi untuk Pengusaha di Bibit Bisnis

Kini telah hadir Bibit Bisnis untuk pengusaha atau pemilik perusahaan yang tertarik untuk menginvestasikan idle fund ataupun keuntungan bisnis di reksa dana maupun Obligasi FR dan Project Based Sukuk (PBS) atau FR Syariah. Beberapa keuntungan investasi melalui Bibit Bisnis:

  • Aman Terpercaya. Bibit memiliki izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD). Dana nasabah tersimpan aman di bank kustodian. Pencairan dana hanya dapat dilakukan ke akun bank atas nama perusahaan yang didaftarkan oleh nasabah.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan. Bibit Bisnis tidak mengenakan biaya tambahan transaksi jual beli.

  • Wealth Specialist untuk Nasabah Institusi. Tersedia Wealth Specialist yang didedikasikan khusus bagi nasabah Bibit Bisnis. Anda bisa berkonsultasi mulai dari strategi kelola dana investasi hingga pilihan produk investasi seperti reksa dana dan Obligasi FR ataupun PBS

  • Harga Lebih Kompetitif. Harga beli lebih rendahharga jual lebih tinggi, spread lebih rendah di Bibit. Tanpa biaya tersembunyi.

  • Diversifikasi Investasi Lebih Mudah. Anda bisa dengan mudah berinvestasi di Reksa dana dan Obligasi FR sekaligus dalam satu aplikasi. Sehingga ini memudahkan perusahaan Anda dalam mengelola aset investasi.

Daftar Bibit Bisnis untuk Investasikan Dana Perusahaan

Tertarik menginvestasikan dana nganggur di Obligasi FR bersama Bibit Bisnis? Caranya mudah! Jika Anda sudah menjadi pengguna Bibit sebelumnya, bisa mendaftar melalui halaman profil pada aplikasi Bibit lalu klik bagian “Bibit untuk Perusahaan”.

Jika belum ada akun Bibit, Anda tetap bisa daftar dengan membuka halaman situs berikut ini! Hubungi Wealth Specialist kami untuk pertanyaan lebih lanjut seputar Bibit Bisnis dengan e-mail wealth@bibit.id!

Investasi dana perusahaan lebih praktis di Bibit Bisnis!