Tips Memilih Seri Obligasi FR yang Tepat Sesuai Kebutuhanmu!

Produk Obligasi FR adalah instrumen investasi yang sangat rendah risiko karena pengembalian pokok dan pembayaran kuponnya dijamin oleh negara. Walau memiliki risiko yang rendah, Obligasi FR menawarkan return yang lebih tinggi dibandingkan deposito.

Saat ini, Bibit menawarkan 17 seri Obligasi FR yang berbeda yang bisa kamu beli. Bagaimana cara memilih seri yang paling baik untuk kamu? 

Bagaimana Cara Memilih Seri yang Paling Sesuai untuk Kamu?

Jawabannya tergantung tujuan investasi kamu. Dalam hal ini bisa dikategorikan menjadi dua tujuan:

1. Mengamankan Passive Income yang Tetap dan Aman

Di tengah kondisi market yang tidak pasti, kamu ingin mengamankan kepastian return (yield) yang tetap melalui Obligasi FR. Kamu berencana memegang FR hingga jatuh tempo untuk menerima passive income yang pasti.

2. Mengincar Capital Gain

Kamu ingin mengincar potensi capital gain dari harga FR yang terus naik. Sehingga kamu berencana untuk menjualnya sewaktu-waktu untuk merealisasikan capital gain. Namun, selama kamu memantau untuk menjual di harga yang kamu inginkan, kamu bisa menikmati kupon tetap dari FR.

Tujuan 1: Mengamankan Passive Income yang Tetap dan Aman

Pada dasarnya, semakin panjang tenor Obligasi Fixed Rate (FR), maka sewajarnya yield akan lebih tinggi. Ini adalah upaya untuk memberikan kompensasi lebih kepada investor yang mau mengambil risiko lebih dengan memegang FR dalam jangka waktu lebih panjang. Yield adalah return per tahun sesungguhnya yang kamu terima setelah disesuaikan dengan harga beli jika memegang obligasi hingga jatuh tempo.

Namun, ada beberapa seri Obligasi FR “undervalued” yang menawarkan yield lebih tinggi untuk kelompok jatuh temponya. Melalui ilustrasi di bawah ini, kamu bisa menilai seri Obligasi FR yang menawarkan yield paling tinggi pada kelompok jatuh temponya. Maka jika kamu ingin mengamankan passive income dalam jangka 5-10 tahun ke depan, kamu bisa membeli FR0091 yang menawarkan yield paling tinggi di kelompok jatuh tempo tersebut.

Tujuan 2: Mengincar Capital Gain

Jika kamu ingin memperoleh capital gain, pilih Obligasi FR yang tenornya paling panjang. Alasannya karena Obligasi FR dengan tenor panjang lebih sensitif terhadap penurunan suku bunga.

Jika ekspektasi suku bunga turun, maka potensi kenaikan harga Obligasi FR jangka panjang akan lebih tinggi. Namun sebaliknya, jika ekspektasi suku bunga naik, maka potensi penurunan harga Obligasi FR jangka panjang juga akan lebih dalam.

Mari kita bandingkan performa seri Obligasi FR jangka pendek dengan seri Obligasi FR jangka panjang di Bibit. Performa adalah total return historis dari kenaikan harga (capital gain) dan akumulasi kupon Obligasi FR.

Sebagai contoh, jika kamu membeli FR0076 1 tahun lalu (26 Juli 2022), maka jika kamu menjualnya pada harga hari ini (26 Juli 2023), kamu akan mendapatkan total return 16%.

Inilah salah satu keunggulan Obligasi FR. Tidak hanya memberikan informasi performa di masa lalu, tapi juga menawarkan kepastian return (yield) yang pasti didapat selama memegang Obligasi FR hingga jatuh tempo.

Apakah Sudah Terlambat Beli Obligasi FR Untuk Mengincar Capital Gain?

Harga Obligasi FR memang sudah mengalami kenaikan dalam setahun terakhir. Bahkan jika kita bandingkan dengan pertama kali Bibit menawarkan Obligasi FR, rata-rata performa seri FR sudah naik di 0,91-6,84% dalam 3 bulan (data per 28 Juli 2023). Namun selama suku bunga BI masih ditahan di level tertinggi dan belum turun, maka harga obligasi masih berpotensi naik.

Pilihlah Seri FR Sesuai dengan Tujuan Finansialmu

Pada akhirnya, tidak ada satu rekomendasi yang bisa sesuai untuk setiap investor. Seri Obligasi FR yang terbaik adalah seri yang sudah kamu pertimbangkan sesuai dengan tujuan finansialmu.