Pelajaran Investasi Dari Ibu Menteri Keuangan

Sri Mulyani.jpg

Sering lihat orang kaya yang kerjaannya tiap hari santai-santai, tapi uangnya bisa mengalir terus? Kelihatannya nggak masuk akal bukan? Ternyata, itu bukanlah sebuah kebetulan, melainkan mereka mengerti bagaimana mempekerjakan aset mereka. Ini salah satu hal yang disampaikan oleh Ibu Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia.

Pada pidato Menteri Keuangan tempo lalu diadakan di sebuah universitas, Ibu Sri Mulyani membicarakan soal pengelolaan aset negara. Salah satu yang menarik perhatian di pidato itu adalah soal apa yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang.

Kenapa orang di negara maju bisa kerja lebih santai tapi lebih makmur, sedangkan orang di negara berkembang bekerja lebih keras tapi hasilnya lebih sedikit?

Menurut Ibu Menteri, masyarakat di negara maju atau berkembang, punya keseharian yang mirip, namun yang membedakan adalah cara mereka mengatur ekonomi.

Orang di negara maju memastikan bahwa seluruh aset yang mereka miliki bekerja keras untuk mereka, alias tidak ada aset yang nganggur. Ini kenapa mereka bisa menghasilkan banyak dengan waktu kerja yang lebih santai.

Sedangkan, orang di negara berkembang terus bekerja keras, namun aset-asetnya banyak yang tidur alias tidak digunakan. Ini kenapa meski kerja lebih banyak, tapi hasilnya lebih sedikit.

Jadi kuncinya adalah apakah aset yang dimiliki dikelola dengan baik.

Mirip Seperti Investasi Kita

Apa yang dijelaskan oleh Ibu Menteri sebenarnya bisa jadi analogi kehidupan kita juga khususnya dalam hal keuangan.

Bayangkan, seseorang yang tidak pernah berinvestasi, bagaimana mungkin punya aset yang bisa bekerja untuk mereka disaat orangnya sudah tak mampu bekerja?

Padahal, investasi adalah aset yang kita kumpulkan untuk meningkatkan kehidupan meski sudah bekerja lebih sedikit. Biarkan uang yang bekerja keras dan kita bisa hidup lebih santai nantinya.

Jadi, bila ingin hidup kamu lebih santai di masa depan, jangan pernah melupakan investasi sedikitpun. Semakin rutin investasi, semakin banyak juga aset yang bekerja untuk kamu.