Ini Kabar Baik Pemerintah di Tengah Corona

Di tengah wabah corona yang belum kunjung usai, ternyata pemerintah Indonesia memiliki kabar baik dengan mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mendukung perekonomian serta mencegah penyebaran virus. Yuk simak selengkapnya disini.

Memberikan Stimulus ke Perekonomian

Virus corona membuat banyak aktivitas bisnis berhenti. Akibatnya pertumbuhan ekonomi terganggu. Namun, pemerintah telah mengeluarkan beberapa stimulus untuk menopang ekonomi, antara lain:

  1. Mempercepat bantuan sosial ke masyarakat seperti: Program keluarga harapan, kartu sembako, kartu pra-kerja, dan lainnya

  2. Pembebasan pajak penghasilan bagi pekerja di industri manufaktur

  3. Pembebasan pajak hotel dan restoran di 33 kabupaten/kota

  4. Penundaan pembayaran pajak penghasilan impor ke 19 sektor usaha tertentu

  5. Penyederhanaan aturan ekspor dan impor bagi pelaku usaha

Semua kebijakan itu bertujuan agar efek dari penurunan daya beli masyarakat dan perlambatan aktivitas bisnis tidak terlalu parah. Memang saat ini hasilnya belum begitu terasa, tapi beberapa kebijakan itu akan berlaku hingga 6 bulan kedepan. Bila wabah corona bisa membaik dalam beberapa bulan saja, tentu efek dari kebijakan itu akan lebih terasa di perekonomian kita.

Menyiapkan Rapid Test Kit

Kabar terbarunya juga, pemerintah baru saja menyiapkan rapid test kit sebanyak 125 ribu unit yang akan didistribusikan ke provinsi – provinsi yang membutuhkan. Test kit ini kabarnya hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja untuk mendapatkan hasilnya. Dengan tes lebih cepat, maka bisa dilakukan pencegahan penyebaran lebih dini juga. 

Memang, sulit untuk menebak sampai kapan wabah corona ini bakal selesai, tapi di negara asalnya sendiri yaitu tiongkok, dengan adanya lockdown dan penanganan yang ketat, sebagian besar yang terkena corona (lebih dari 90%) sudah dalam kondisi sembuh. Mudah – mudahan semua usaha pemerintah Indonesia saat ini juga bisa mengatasi wabah dengan baik kedepannya ya.

Buat kamu yang sedang investasi, kamu nggak perlu khawatir juga kok guys. Ingat, dalam sejarah, setiap ada penurunan di pasar selalu diikuti kenaikan kembali, saat kondisi ekonomi mulai pulih. 

Saat ini, kamu bisa menerapkan strategi Dollar Cost Averaging. Strategi ini membuat kamu tetap berinvestasi rutin dalam kondisi apapun. Dengan tetap membeli saat harga pasar yang lagi turun sekarang, kamu bisa dapat rata - rata harga pembelian yang jauh lebih murah. Ketika wabah Corona teratasi dan pasar pulih kembali, maka keuntungan kamu tentu akan lebih optimal di jangka panjang.

So, jangan lewatin kesempatan ini ya. Yuk tambah investasi kamu sekarang juga.