Aman Finansial Saat Krisis, Bisa Kok!

Pemerintah Indonesia mengumumkan pembatasan sosial yang lebih ketat lagi. Ini menimbulkan tekanan dan ketidakpastian perekonomian ke depan. Kondisi ini bisa memberatkan kamu kalau tidak punya keadaan finansial yang kuat. Itu kenapa penting buat kamu untuk mempersiapkan keuangan dari sekarang. Bagaimana cara menanganinya?

1. Prioritaskan Pengeluaran

Coba evaluasi lagi wishlist kamu, pisahkan antara barang kebutuhan dan keinginan. Tunda pembelian yang hanya keinginan. Sedangkan untuk list barang kebutuhan, urutkan berdasarkan skala kebutuhan. Kemudian, coba cari cara lain untuk membeli kebutuhan itu dengan lebih murah. 

2. Hemat untuk Pengeluaran Harian

Ada baiknya lebih hemat untuk pengeluaran sehari-hari walaupun gaji kamu masih sisa banyak. Kenapa? Nggak ada yang tau kondisi ke depan. Kalau ekonomi masih terus tertekan, bisa saja penghasilanmu turun drastis atau parahnya bisa sampai kehilangan pekerjaan.

Dengan berhemat, sisa uangmu akan lebih banyak. Sisa uang yang kamu kumpulkan gunanya untuk menghadapi kondisi krisis. Misal, kalau sementara harus kehilangan pekerjaan, kamu masih ada uang untuk kebutuhan harian.

Cara yang bisa dilakukan:

  • Kurangi hiburan berbayar sementara, ganti dengan yang gratis

  • Kurangi beli makanan di luar, masak sendiri supaya lebih murah. Jika terpaksa beli, cari promo diskon.

3. Investasikan Dana Darurat Kamu

shutterstock_1472612195.jpg

Uang lebih yang dihasilkan dari penghematan kamu bisa digunakan sebagai tambahan cadangan dalam kondisi darurat. Uang ini sebaiknya jangan hanya masuk rekening tabungan saja, tapi diinvestasikan dalam jangka pendek. 

Instrumen yang yang cocok dalam jangka pendek haruslah memiliki return yang stabil. Contohnya, reksadana pasar uang (RDPU). RDPU mirip deposito tapi lebih unggul karena RDPU bisa dicairkan kapan saja serta bebas pajak.

4. Sisihkan untuk Investasi Jangka Panjang

Jika penghasilan kamu masih ada sisa setelah kebutuhan harian dan alokasi dana darurat, sebaiknya disisihkan untuk investasi jangka panjang. Kenapa ini tidak boleh dilewatkan?

Saat ini kesempatan terbaik menambah investasi. Kamu bisa menerapkan strategi Dollar Cost Averaging (DCA). Strategi ini membuat kamu bisa berinvestasi rutin dalam kondisi apapun. Dengan tetap membeli saat harga pasar yang lagi turun, kamu bisa dapat rata-rata harga pembelian lebih murah. Saat nanti pasar pulih kembali, potensi keuntungan kamu akan lebih besar dalam jangka panjang.

Yuk, tambah investasi kamu sekarang.