Penjelasan tentang Reksadana Indeks

index fund.jpg

Reksadana Indeks adalah produk reksadana bertujuan mendapatkan hasil investasi mengikuti performa indeks acuannya, baik indeks saham maupun indeks obligasi.

Berbeda dengan reksadana konvensional yang berusaha mengalahkan kinerja indeks acuannya, target reksadana indeks adalah mengimbanginya.

Arti dari Indeks adalah sekumpulan saham atau obligasi sudah dipilih dengan kriteria tertentu sesuai kriteria indeks yang dibuat. Kinerja suatu indeks hanya dipengaruhi kinerja saham/obligasi yang tergabung didalamnya.

Ketika kamu membeli reksadana indeks, secara tidak langsung kamu juga membeli semua saham/obligasi yang tergabung dalam suatu indeks acuan. Contohnya, kamu membeli RD indeks saham IDX30, maka kamu sudah menyebar uang kamu ke 30 saham dalam indeks tersebut.

Perlu kamu tahu, 30 saham di dalam indeks IDX30 memiliki likuiditas besar (sering di perjual-belikan) di pasar. Perusahaan yang bisa masuk ke indeks dilihat kinerjanya. Bila kinerjanya tidak baik, saham perusahaan tidak bisa masuk ke Indeks IDX30.

Beberapa kelebihan reksadana indeks antara lain:

  1. Biaya pengelolaan lebih murah

    Komposisi saham dalam sebuah indeks tidak banyak berubah dari waktu ke waktu, berbeda dengan reksadana konvensional dimana MI lebih sering mengubah komposisi saham dalam portofolio sesuai strategi pengelolaan.

    Tidak banyaknya perubahan komposisi saham, maka biaya pengelolaan reksadana indeks biasanya lebih murah dibanding reksadana konvensional. Jadi, keuntungan yang didapatkan investor lebih maksimal.

  2. Terhindar reksadana konvensional yang buruk

    Ketika memilih reksadana indeks, kinerja investasi kamu sudah mengikuti pasar. Berbeda dengan reksadana konvensional, kinerjanya dipengaruhi strategi pengelolaan manajer investasi. Ketika MI tidak mengelola dengan baik, maka bisa saja dapat return yang buruk.

  3. Namun, pada reksadana indeks, seluruhnya ditentukan pasar. Ketika pasar sedang baik, maka return reksadana juga baik, begitu pula sebaliknya. Jadi, kamu tidak akan terjebak dalam kinerja buruk yang disebabkan oleh performa MI.

Reksadana indeks bisa jadi pilihan kamu ketika baru mulai investasi reksadana. Kamu tidak perlu bingung memilih reksadana konvensional dengan pengelolaan terbaik, dengan RD indeks semuanya sudah ditentukan performa pasar.

Di Bibit, kamu bisa menemukan berbagai pilihan reksadana indeks baik saham, obligasi, maupun syariah. Yuk lihat pilihan produknya sekarang!