Bandingkan Reksadana dengan Mudah di Bibit

Sekarang kamu bisa membandingkan kinerja beberapa reksa dana dengan mudah melalui aplikasi Bibit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik ikon search pada pojok kanan atas halaman utama di aplikasi

IMG_20200520_120745.jpg

2. Pilih salah satu jenis reksadana yang ingin kamu lihat perbandingannya

IMG_20200520_120945.jpg

3.  Klik ikon “Bandingkan” pada bagian atas, kemudian pilih 2 atau 3 produk reksa dana untuk dibandingkan. Lalu, klik tombol “Bandingkan” pada bagian bawah.

IMG_20200520_121412.jpg

4.  Halaman perbandingan reksadana akan tampil seperti di bawah. Kamu bisa melihat secara lengkap informasi masing-masing reksa dana yang ditampilkan dalam bentuk tabel.

IMG_20200520_121442.jpg

Untuk memahami lebih jauh tentang informasi yang ditunjukan pada tabel perbandingan tersebut, kamu bisa lihat penjelasan di bawah.

  1. Total return 1Y: total keuntungan yang diperoleh reksa dana selama 1 tahun terakhir.

  2. CAGR 1Y: kenaikan rata-rata reksa dana setiap tahunnya yang diukur dari pergerakan harga 1 tahun terakhir. Kamu bisa merubah waktunya menjadi 3 tahun atau lebih dengan memilih jangka waktunya (3Y, 5Y, 10Y) yang tersedia di bawah grafik.

  3. Drawdown 1Y: penurunan terbesar yang pernah terjadi pada reksa dana tersebut selama 1 tahun terakhir. Semakin kecil drawdown, harga reksadana semakin stabil.

  4. Expense Ratio: biaya pengelolaan per tahun sebuah reksa dana. Dihitung dengan membandingkan antara beban operasional pengelolaan dana investasi reksa dana dalam 1 tahun dengan rata-rata nilai aset bersih dalam 1 tahun. Semakin kecil expense ratio mencerminkan kepiawaian manajer investasi mengelola reksa dana secara efisien.

  5. Total AUM: total dana investasi yang dikelola pada produk reksa dana tersebut. Semakin besar AUM menandakan semakin banyak investor yang membeli reksa dana tersebut, dengan kata lain investor semakin percaya dengan reksa dana tersebut.

  6. Jenis Produk: merupakan jenis reksa dana dari produk tersebut (Bisa terdiri dari saham, obligasi, atau pasar uang)

  7. Min. Pembelian: jumlah minimal nilai pembelian (dalam Rupiah) pada satu kali transaksi pembelian. Kamu tidak dapat membeli reksa dana di bawah nilai minimum.

  8. Bank Penampung: bank yang bertugas mengirim dana investor ketika melakukan pencairan reksa dana.