Ini Rahasia Jadi Orang Kaya

org kaya.jpg

Mungkin kamu pernah dengar judul di atas bukan? Sebenarnya itu nggak aneh kok, karena orang kaya punya cara unik untuk menghasilkan uang, apa aja sih caranya?

Orang kaya identik dengan uang banyak. Tapi…

Apa bedanya dengan orang biasa? Keduanya sama-sama mengumpulkan uang, tapi orang kaya akan berpikir gimana caranya agar uang tersebut bisa terus bertumbuh. 

Maksudnya? Bertumbuh gimana nih?

Umumnya, tiap gajian, kebanyakan orang berpikir, “mau buat beli apa ya?”. Kebiasaan ini bikin isi tabungan jadi relatif kecil. Nggak banyak orang yang langsung mikir, “gimana cara simpan uang dan berkembang ya?”.

Berbeda dengan orang kaya, mereka nggak langsung konsumtif, tapi merencanakan agar uang mereka bisa menghasilkan uang lagi. Ini yang namanya “menumbuhkan uang”.

Strategi yang paling sering dipakai untuk menumbuhkan uang adalah investasi. Investasi bisa dalam bentuk saham, reksa dana, properti, ataupun bisnis patungan. Investasi bisa bikin uang berkembang tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mengelolanya.

Hebatnya lagi, ketika investasinya lagi cuan, orang kaya terbiasa menginvestasikan hasil cuan tadi. Efeknya dalam jangka panjang, pertumbuhan investasi semakin besar. Inilah rahasia kenapa orang kaya bisa memiliki uang yang semakin menumpuk.

Sedangkan, bagi orang biasa, jangankan berinvestasi, menabung saja kadang sudah sulit sekali. Ini karena kebanyakan penghasilan mereka digunakan konsumsi yang tidak produktif. Jadi, kesempatan menumbuhkan uang juga semakin kecil dan semakin jauh dari kebebasan finansial.

Akibatnya banyak orang hanya bisa mencari uang dari pekerjaan bulanannya saja. Ketika mereka sudah tidak bekerja lagi, tidak ada investasi apapun yang bisa memberikan mereka penghasilan secara otomatis. 

Jadi, setelah tahu cara orang kaya di atas, apakah kamu tetap mau terjebak dalam kehidupan yang mengandalkan penghasilan bulanan seumur hidup, atau mau mulai mengumpulkan investasi dari sekarang untuk bebas finansial di masa depan?

Bila kamu memilih opsi untuk bebas finansial, mulailah sedini mungkin. Dengan mulai lebih awal, kamu telah membentuk kebiasaan yang baik untuk berinvestasi dalam jangka panjang, dan membuat uang kamu lebih produktif. Ini juga akan mempercepat kebebasan finansial kamu.

Yuk mulai investasi dari sekarang.