Jadi Kaya itu Simpel, Ini 4 langkahnya

shutterstock_794059969.jpg

Setiap orang mau jadi kaya, tapi banyak  juga yang mengeluh kalau rasanya sangat sulit. Sebenarnya, caranya sama sekali nggak ribet. 

Resep menjadi kaya mungkin kamu sudah sering dengar, tapi di sini kita akan bahas detailnya yang masih dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal kalau dijalankan dengan benar, bakal merubah kondisi keuangan kamu. 

1.       Punya Penghasilan

Kamu harus punya penghasilan setiap bulannya, baik dari bekerja atau bisnis. Tentunya memperbesar penghasilan juga jadi hal penting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan 2 cara untuk memperbesarnya:

-          Secara Vertikal: artinya kamu tetap fokus memperdalam hal yang kamu kerjakan. Misalnya bila kamu bekerja, kamu harus memperdalam skill yang kamu miliki agar bisa bekerja lebih baik lagi, ini yang bisa meningkatkan gaji nantinya.

-          Secara Horizontal: disini kamu menambah jumlah pemasukan dari sumber lainnya. Misalnya sembari bekerja, kamu bisa punya usaha sampingan. Tampaknya tidak mudah mengurus 2 hal sekaligus, tapi ini bisa dipelajari. Dengan inilah sumber penghasilan kamu jadi lebih banyak.

2.       Spend Less Than You Earn

Sering dengar kalimat tadi? Bagaimana cara melakukannya?

Kadang apa yang kita belanjakan tidak semuanya diperlukan. Coba review pengeluaran setiap bulan, apakah semua pengeluaran sesuai dengan yang diperlukan saja atau tidak?

Selain itu, selalu cari cara agar pengeluaran rutin kamu bisa lebih sedikit  setiap bulan. Misal, hindari membeli kebutuhan di minimarket yang kadang harganya lebih mahal daripada pasar tradisional. Dengan trik ini, kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk kebutuhan di masa depan.

3.       Simpan & Investasikan

Kalau sudah punya uang sisa, jangan sekadar disimpan. Menyimpan uang tidak akan membuat nilainya bertambah. Kamu harus menginvestasikannya. Salah satu cara  mudah berinvestasi dengan untung yang lumayan dan risiko terjaga adalah membeli reksa dana.

Akan lebih baik lagi, kalau investasi reksa dana dilakukan secara jangka panjang. Sejarah membuktikan bahwa dalam jangka panjang hasil investasi reksa dana per tahunnya menjadi lebih besar, ini karena pasar modal yang terus mencatatkan tren kenaikan hingga saat ini.

4.       Ulangi Lagi

Yang terakhir ini boleh jadi yang paling penting. Kalau 3 langkah di atas hanya dilakukan sementara saja, maka kamu tidak akan mendapat apa-apa dalam jangka panjang. Sedangkan, dengan diulangi terus, kamu akan mendapat penambahan hasil yang semakin besar. 

Contoh sederhananya, kalau investasi kamu 1 juta dan bertumbuh 10%, maka kenaikannya adalah 100 ribu. Tapi kalau nanti sudah 100 juta, setiap 10% kenaikannya adalah 10 juta. Inilah kekuatan dari konsistensi.