Rahasia Kumpulkan Rp 20 Juta dalam Setahun dengan Saving Challenge!

Membiasakan diri menabung memang tidak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan. Apalagi sekarang banyak cara yang bisa kamu contoh agar rencana keuanganmu tercapai sesuai target. Kamu pasti pernah kan, lihat saving challenge yang sempat viral di media sosial? Tantangan menabung ini sebenarnya cara yang klasik. Tapi jika dilakukan dengan benar, tujuan keuangan kamu akan tercapai dan pastinya kamu bisa mendapatkan bonus berupa return!


Coba lihat tabel di atas. Ada 52 angka pada kolom-kolom yang sebenarnya menunjukkan jumlah minggu dalam setahun. Aturan bermainnya, kamu bisa memberi tanda salah satu angka jika berhasil menabung sejumlah uang yang tertera. Misalnya, minggu pertama di Januari 2022, kamu menabung Rp 70 ribu. Namun, kamu bisa pilih angka lebih besar yaitu Rp 1 juta pada minggu pertama Mei 2022 karena saat itu bertepatan dengan Idul Fitri di mana biasanya ada Tunjangan Hari Raya (THR).

Setelah tahu aturan dalam permainannya, langkah selanjutnya adalah di mana menempatkan uang yang sudah kamu tabung tersebut. Kalau kamu menempatkannya pada celengan atau rekening tabungan di bank, ada kemungkinan uang yang sudah kamu tabung bisa kamu ambil sewaktu-waktu. Misalnya ada diskon di e-commerce favorit, temanmu mengajak liburan dan faktor lainnya yang bisa datang tiba-tiba. 

Jadi, kenapa nggak digabung saja saving challenge dengan investasi reksa dana di aplikasi Bibit? Kamu bisa memilih beberapa jenis reksa dana yang ada di bibit, mulai dari Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Obligasi (RDO), hingga Reksa Dana Saham (RDS). Pilih jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko kamu, ya! 

Mumpung 2021 belum berakhir, kamu bisa menyiapkan beberapa hal sebelum memulai saving challenge ini. Misalnya, pelajari dengan cermat instrumen apa yang cocok denganmu. Selanjutnya, pikirkan juga tujuan keuangan kamu tahun depan seperti apa. Sebab, jika kamu sudah paham keduanya, kamu bisa lebih mudah dalam melakukan saving challenge untuk berinvestasi di reksa dana.

Gimana, siap nggak kalau saving challenge ini jadi salah satu resolusi tahun baru? Kalau sudah siap, kamu bisa share hasil saving challenge ini di sosial media kamu, biar bisa menjadi motivasi teman-teman kamu untuk ikutan kebiasaan baik nabung rutin ini!