Kapan Waktu Terbaik untuk Beli dan Jual Reksa Dana?

Bagi investor yang baru mulai investasi mungkin masih belum punya ide soal kapan sebaiknya membeli dan menjual Reksa Dana. 

Sebenarnya, tidak perlu menjadi ahli finansial untuk menentukan waktu ini. Kamu cukup tahu kapan mendapatkan uang dan kapan harus menggunakannya. 

Waktu yang Tepat untuk Membeli

Banyak yang bilang: “kalau mau beli Reksa Dana tunggu aja sampai harganya turun dulu, biar dapet yang murah.”

Nasehat ini emang bener, cuma masalahnya kita gak tau kapan harga itu bakal turun, karena pergerakan reksa dana sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang bisa berubah tanpa ditebak.

Mudahnya, kamu bisa membeli secara rutin setiap periode (misalnya tiap bulan) dengan jumlah yang sudah dialokasikan dari penghasilan kamu. Bagaimana menentukan alokasi ini?

Pertama kamu harus punya tujuan investasi, berapa jumlah nominal yang ingin dicapai, dan dalam waktu berapa lama. Dari sini, kamu bisa menggunakan fitur goal setting dari Bibit untuk mengetahui berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulannya.

Gambar di atas adalah salah satu contoh goal setting menggunakan aplikasi Bibit. Misalnya, pada kasus ini kamu ingin menabung untuk membayar down payment pembelian rumah. Kalau sekarang tahun 2022, dan kamu ingin mulai DP sebesar 100 juta dalam 3 tahun lagi, maka fitur goal setting akan menghitungkan tabungan rutin per bulan secara otomatis.

Jumlah tabungan per bulan yang terhitung pada kasus ini sebesar 2.3 juta per bulan, dan kamu tinggal mengikuti ini saja secara konsisten.

Tidak perlu takut membeli saat harga Reksa Dana sedang naik, meski harga rata-rata pembelian jadi naik, dalam jangka panjang efeknya tidak terlalu banyak. Ini karena, sewaktu-waktu harga Reksa Dana bisa turun juga, dan disaat itu kamu dapat kesempatan untuk menambah pembelian di harga murah. Akhirnya kamu akan dapat harga rata-rata dalam jangka panjang.

Kapan Waktu Terbaik Jual Reksa Dana?

Prinsipnya sama seperti saat kamu membeli. Ketika sudah tahu berinvestasi untuk apa, otomatis kamu sudah punya target kapan kira-kira ini akan dicapai. Di saat itulah waktu yang tepat untuk menjual, alias disaat uangnya dibutuhkan. 

Tidak perlu menjual karena takut kehilangan keuntungan yang sudah dicapai. Memang pasar bisa turun kembali, tapi berdasarkan sejarah, setiap penurunan, selalu diikuti oleh kenaikan yang lebih tinggi dari titik tertinggi sebelumnya. 

Apalagi, kalau pake Bibit, kamu sudah dipilihkan produk Reksa Dana terbaik di Indonesia. Produk yang baik selalu konsisten dalam pasar secara jangka panjang. Bila pasar naik, maka produk itu juga akan naik. Jadi kamu bisa tenang dalam rutin menabung.