Langkah Mudah Mencapai Tujuan Investasi Jangka Pendek

Berdasarkan jangka waktu, investasi dibedakan menjadi jangka pendek, menengah, dan panjang. Kalau tujuan investasi kamu berbeda, maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya pun berbeda. Tentunya jangka waktu tersebut mempengaruhi instrumen yang akan kita pilih nantinya. 

Investasi jangka pendek biasanya dibawah 1 tahun, sementara jangka menengah 1 - 3 tahun, dan jangka panjang diatas 5 tahun. Kali ini, kita akan membahas tujuan  investasi dengan tujuan jangka pendek terlebih dahulu.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Menentukan tujuan keuangan

Pertama, kamu harus memiliki tujuan keuangan yang jelas, misalnya dana darurat, dana liburan, membeli gadget, dan lainnya. Lalu tentukan berapa besar dana serta waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Misalnya kamu ingin liburan ke Bali dengan budget sebesar Rp 10 juta dan kamu ingin menabung selama 1 tahun. Kamu bisa membuat tujuan keuangan dengan mudah menggunakan fitur Goal Setting di aplikasi Bibit. 

 

Memilih instrumen investasi

Karena keterbatasan waktu, instrumen yang cocok untuk tujuan keuangan jangka pendek adalah instrumen investasi konservatif. Misalnya deposito dan reksa dana pasar uang. Reksa dana pasar uang cocok karena memiliki karakteristik cenderung stabil, risiko rendah, dan mudah untuk dicairkan. 

Disiplin dan konsisten

Kunci sukses mencapai tujuan keuangan adalah dengan disiplin dan konsisten. Selain itu, menerapkan tujuan keuangan jangka pendek akan terasa lebih mudah karena perjalanan investasi yang dilalui tidak terlalu panjang. Jika kita telah terbiasa, maka bukan tidak mungkin selanjutnya kita menjadi otomatis disiplin dalam mencapai tujuan jangka menengah dan panjang.

Kesimpulannya, mencapai tujuan keuangan baik jangka waktu pendek, menengah, atau panjang membutuhkan perencanaan yang matang. Target dana, waktu, dan instrumen investasi perlu dipertimbangkan dengan baik. Kedisiplinan dan konsistensi nantinya akan berperan sebagai faktor penentu keberhasilan rencana yang telah kita buat. Oleh karena itu, yuk mulai buat tujuan kamu dan bangun kebiasaan dengan nabung rutin di aplikasi Bibit sekarang juga!