Investasi SBN Syariah ST009: Pilihan Tepat di Tengah Isu Resesi Saat Ini

Surat Berharga Negara (SBN) Syariah Seri ST009 menjadi surat berharga yang terakhir yang terbit tahun ini. Di tengah isu resesi saat ini, ada nggak sih keuntungan investasi SBN Syariah Seri ST009 ini?

Nah melalui Event Bibit "Investasi SBN Syariah ST009: Pilihan Tepat di Tengah Isu Resesi Saat Ini", Adrian Maulana yang merupakan Praktisi Investasi & Gaya Hidup Halal mengupas tuntas mengenai investasi ST009. Mulai dari penjelasan ST009 sampai penjelasan investasi ST009 di tengah isu resesi.

Menurut Adrian, resesi adalah istilah yang biasa digunakan dunia ekonomi apabila suatu negara mengalami pertumbuhan minus selama dua kuartal berturut-turut. Tahun 2020 adalah masa resesi global, di mana hampir semua negara mengalami perlambatan selama dua kuartal bahkan ada yang lebih lama. Amerika Serikat sebagai negara adidaya tidak lepas dari resesi, kemudian Eropa dan tidak ketinggalan Indonesia.

“Tapi Indonesia baik-baik saja. Sebagian besar dari kita masih bekerja. Meski suatu negara masuk jurang resesi, banyak tantangan sektor tertentu, terutama yang tenaga kerjanya banyak. Mendengar PHK, pengurangan pendapatan, penyesuaian gaji,” katanya.

Apakah Indonesia akan menghadapi resesi?

Isu resesi meluas bahkan tidak jarang membuat takut dan bertanya-tanya apa yang terjadi saat ini. Menjawab pertanyaan ini, Adrian menjelaskan sederet fakta menggunakan data, diantaranya adalah:

Pertama, inflasi di Indonesia menurutnya masuk dalam kategori stabil di angka 5%. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang inflasinya menembus 9% pada Juni 2022 meskipun saat ini sudah melandai, tapi masih dalam kategori tinggi di level 7,7% per Oktober 2022. Kedua, cadangan devisa Indonesia yang masih terjaga. 

Ketiga, nilai mata uang rupiah yang masih terjaga, Meski nilai tukar rupiah terhadap dolar saat ini di kisaran Rp15 ribuan per dolar AS, namun jika dibandingkan dengan negara lain Indonesia dinilai lebih baik. Jepang dikenal sebagai negara yang stabil, mata uangnya terdepresiasi lebih dari 20%. “Indonesia Rp 15.500 per dolar, depresiasi 8-9% artinya harus bersyukur melihat data sekarang,” katanya menambahkan.

Keempat, perdagangan Indonesia yang mencatatkan surplus yang artinya ekspor Indonesia masih lebih tinggi dibanding dengan impornya. Dari data tersebut, pertumbuhan  ekonomi Indonesia pada kuartal III-2022 tercatat 5,72% lebih tinggi dari ekspektasi.

Apa yang harus dilakukan?

Menurutnya adalah harus ptimalkan apa yang kita milik dan coba mempertimbangkan baik-baik untuk berinvestasi. Dia menggarisbawahi inflasi yaitu kenaikan harga-harga barang dan jasa. Kalau ingin uang yang kita miliki tetap sama nilainya dan bisa berkembang, maka sebaiknya tidak semuanya di tempatkan di tabungan. Caranya yaitu dengan investasi.

Investasi SBN Syariah Seri ST009

SBN adalah surat berharga negara yang diterbitkan pemerintah untuk membiayai negara. Adapun masa penawaran ST009 ini dimulai pada 11-30 November 2022. Sementara itu, kupon yang ditetapkan adalah 6,15% dengan jenis kupon floating with floor atau mengambang dengan batas.  

Kenapa investasi di ST009?

  1. Imbal hasil bisa dirasakan setiap bulan (passive income). investasi di ST009 bisa menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan.

  2. ST009 aman dan cocok untuk investor yang profil risikonya konservatif.

  3. Cocok untuk investor yang preferensi investasinya berbasis syariah. Meskipun, tidak berarti ST009 ini hanya untuk umat muslim.

  4. Karena berbasis syariah, ada aset dasar atau underlying yang menjadi ganasi jaminan dari produk investasi tersebut. Contoh, pembangunan infrastruktur negara seperti jembatan atau jalan tol. 

  5. SBN diterbitkan pemerintah untuk membiayai negara. Kita selaku investor meminjamkan uang kepada pemerintah, untuk pembangunan dan sebagai gantinya kita akan mendapatkan keuntungan berupa kupon.

  6. Aman karena ST009 adalah produk yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin oleh Undang-undang. 

“Dari pemerintah saat ini dan terdahulu belum pernah terjadi kita gagal bayar dalam menyerahkan kupon tepat pada waktunya termasuk mengembalikan pokoknya. Semua bisa dijalankan pada waktunya. Investasi ST009 merupakan instrumen investasi dengan risiko yang rendah,” jelasnya.

Dengan membeli ST009, kamu juga akan dapat passive income setiap bulan. Biar semakin kebayang, berikut ini adalah simulasi perhitungan imbal hasil kupon ST009 dan skenarionya jika suku bunga acuan BI naik!

Jika masih penasaran, kamu bisa tonton video di bawah ini untuk tahu lebih lanjut mengenai ST009!

Lalu, pertanyaan selanjutnya, apakah ST009 pilihan tepat di tengah isu resesi? Kamu bisa temukan jawabannya dengan menonton tayangan lengkapnya dengan klik tautan di bawah ini!