Beda SR018 dengan Jenis SBN Lain

Pemerintah akan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN)  jenis Sukuk Ritel (SR) seri SR018 pada 3 Maret 2023 mendatang. SR018 adalah salah satu jenis SBN yang diterbitkan dengan prinsip syariah. 

Sebelum SR018, pemerintah telah menerbitkan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR012-T2 dan SBR012-T4 pada 9 Januari-19 Februari 2023. Kemudian, pemerintah juga berencana menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) dan Obligasi Negara Ritel (ORI).

Perbedaan Sukuk Ritel dengan SBN Lain

Sukuk ritel menarik untuk investor karena bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Dengan demikian, investor sudah bisa menjual SR018 sebelum tiga tahun. Tapi perlu diketahui bahwa harga SR018 bisa berubah-ubah di pasar sekunder. Berikut detail keuntungan Sukuk Ritel:

  • Pokok dan imbalan dijamin oleh negara

  • Tingkat imbal hasil kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito bank BUMN

  • Imbal hasil tetap

  • Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik sebelum jatuh tempo, sehingga ada potensi capital gain jika dijual dengan harga lebih tinggi dari harga beli. Cukup dengan Rp1 juta sudah bisa investasi di Sukuk Ritel

  • Mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Untuk kamu yang kemarin ketinggalan beli SBR012, kamu bisa coba investasi di SR018 mulai 3 Maret 2023. Sembari menunggu, kamu bisa registrasi beli SBN di aplikasi Bibit terlebih dahulu!

Writer: Tim CRM