Berapa Besar Dana Darurat untuk Renovasi Rumah yang Harus Dipersiapkan?

Setiap keluarga pasti dihadapkan dengan berbagai risiko kehidupan yang tidak terduga setiap harinya. Ada kalanya kamu harus mengeluarkan biaya untuk renovasi rumah. Kebutuhan dana untuk merenovasi rumah kerap melampaui budget yang sudah dianggarkan karena tak jarang pemilik rumah melakukan perbaikan yang tidak termasuk dalam daftar rencana pengerjaan yang seharusnya telah diperhitungkan secara detail sejak awal. 

Simulasi Perhitungan Dana Darurat Rumah Banjir

Rico adalah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan telekomunikasi dan memiliki gaji Rp 17 juta. Rico dan istrinya saat ini memiliki 1 orang anak dan ia baru saja tertimpa bencana banjir yang merusak beberapa bagian rumahnya. Empat bagian yang mengalami kerusakan adalah dinding rumah, plafon, lantai, dan pintu utama. Lalu Rico dan istrinya mulai membuat tabel pengeluaran untuk renovasi rumah sebagai berikut:

Perhitungan di atas hanyalah contoh dari sebuah rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi

Setelah memperhitungkan berbagai biaya, diperkirakan total pengeluaran yang akan dibutuhkan adalah sebesar Rp 9.450.000. Dan karena Rico statusnya sudah menikah dan memiliki 1 anak maka besaran dana darurat yang harus dipersiapkan adalah 6-12 kali lipat perkiraan pengeluaran bulanannya yaitu 8 juta. Maka perhitungan persiapan dana darurat yang harus Rico adalah:

Dengan begitu Rico harus menyiapkan dana darurat sebesar Rp 80.000.000. Tapi dengan jumlah yang besar tentu tidak mungkin Rico mendapatkan uang dengan cara instan. Ia memutuskan untuk menabung dana darurat dalam bentuk reksa dana di aplikasi Bibit sebelum risiko banjir itu terjadi.

Caranya dengan menyisihkan Rp 6.700.000 (pembulatan*) per bulan selama 12 bulan ke reksa dana pasar uang di aplikasi Bibit. Setelah dana darurat terkumpul, Rico bisa menggunakan uangnya untuk renovasi rumah.

Rico menyimpan dana darurat di reksa dana pasar uang, karena RDPU dikenal sebagai reksa dana yang paling rendah risiko dibandingkan reksa dana lainnya. Ia dan istrinya juga tak merasa khawatir karena menabung dana darurat dengan Bank Jago kini bisa dicairkan dalam hitungan detik berkat fitur Instant Redemption.

Lewat fitur Instant Redemption nasabah Bibit bisa mencairkan investasi reksa dananya serta menerima dana penjualannya dalam hitungan detik. Selain itu, kamu dapat menggunakan fitur ini saat akhir pekan dan tanggal merah sehingga dapat menjadi solusi buat kamu yang ingin menginvestasikan dana daruratnya di Bibit. Mulai buka portofoliomu untuk dana darurat lalu hubungkan akun Bibit dan Bank Jago sekarang juga! Saat ini hanya tersedia untuk produk Reksa Dana Pasar Uang tertentu dengan logo petir ⚡