Biaya Kuliah Mahal? Ini Cara yang Bisa Kepala Rumah Tangga Siapkan

unsplash-image-2RouMSg9Rnw.jpg

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk masa depan anak tersayang. Salah satunya dalam pendidikan ingin anaknya bisa berkuliah di kampus terbaik. Disisi lain, bukan rahasia lagi jika biaya kuliah semakin mahal tiap tahunnya.

Tenang, ini bukan halangan bagi para orang tua yang mau menguliahkan anaknya di kampus terbaik karena kita bisa merencanakannya dari sekarang! Langkah awalnya, bisa menyiapkan perkiraan biaya kuliah dari biaya pangkal sampai mereka lulus. 

Contohnya Ihsan dan Istri yang ingin menguliahkan anaknya nanti di kampus terbaik. Saat ini anaknya memasuki kelas satu SMP. Maka akan berkuliah dalam waktu 5 tahun lagi. 

Mereka menemukan salah satu referensi total biaya kuliah 1 semester dengan jurusan Akuntansi dari Kampus Swasta di daerah Jakarta Barat. Berikut rincian biaya kuliah dengan estimasi inflasi 15% per tahun:

Screenshot_310.png

Estimasi biaya kuliah yang harus disiapkan dalam 5 tahun kedepan sebesar Rp 117.350.000. Lalu, berapa estimasi yang perlu Ihsan dan Istri tabung setiap bulannya? Mereka bisa mengetahuinya dengan dengan fitur Goal Setting di Bibit:

Screenshot_20210923-080739.png
Screenshot_20210923-080745.png

Berdasarkan rekomendasi Robo Advisor yang merancang portofolio investasi secara optimal sesuai profil risiko dan tujuan investasi secara otomatis. Ihsan dan Istri dianjurkan untuk menabung rutin sebesar Rp 1.550.000 per bulan.

Ihsan dan Istri bisa mendiskusikan lagi tentang strategi nabung tiap bulan,bila masih terasa berat. Mereka bisa cek kembali prioritas pengeluaran bulanan atau mencari alternatif kampus lain. 

Yuk, mulai nabung rutin dari sekarang untuk masa depan anak tersayang!