Bibit Update 29 Januari 2023: Ekonomi AS Tumbuh Lebih Tinggi dari Proyeksi Pasar di Kuartal IV 2022

Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh 2,9% pada kuartal IV 2022. Angka itu di atas ekspektasi ekonom yang disurvei Reuters sebesar 2,6% dan Bloomberg 2,8%. 

Sementara, ekonomi AS tercatat tumbuh 2,1% sepanjang 2022. Realisasi tersebut jauh di bawah posisi 2021 yang mencapai 5,9%. 

Meski begitu, AS patut diacungi jempol karena berhasil keluar dari jurang resesi pada kuartal III 2022 lalu. Saat itu, ekonomi AS tumbuh 2,6% atau berbalik arah dari dua kuartal sebelumnya yang tercatat minus. 

Realisasi ekonomi AS yang tumbuh di atas ekspektasi pada kuartal IV 2023 membuat optimisme investor kembali meningkat. Manfaatkan situasi ini untuk melirik aset berisiko, seperti Reksa Dana Obligasi (RDO) dan Reksa Dana Saham (RDS). 

🇮🇩 Kabar Indonesia Lain yang Perlu Kamu Simak Pekan Ini

  1. Pemerintah akan memberikan subsidi sebesar Rp7 juta per unit untuk pembelian motor listrik baru. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan aturan ini akan disahkan awal Februari 2023.

  2. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan ekonomi RI tumbuh 5,4% pada kuartal IV 2022. Dengan demikian, ekonomi RI bisa tumbuh di atas 5% sepanjang 2022. 

  3. Pemerintah akan mewajibkan eksportir untuk menyimpan Devisa Hasil Ekspor (DHE) di dalam negeri selama tiga bulan. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah yang akan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor.

  4. Pemerintah Indonesia telah bertemu perwakilan Rusia untuk menindaklanjuti rencana pembelian minyak mentah. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan negosiasi dengan Rusia telah dilakukan sejak pertengahan 2022. 

🌍Kabar Luar Negeri Pekan Ini

  1. Inflasi Venezuela tercatat 234% pada 2022. Angka itu turun drastis dibandingkan posisi 2021 yang mencapai 686,4%. 

  2. Pengusaha McDonald's hingga KFC di California menolak Undang-Undang (UU) FAST yang menaikkan upah minimum pekerja sampai US$22 atau Rp328,8 ribu per jam. Sejumlah pengusaha membentuk koalisi dan rela menyumbang US$1 juta demi menentang UU tersebut.

  3. Jepang akan mendorong pengusaha untuk menaikkan gaji karyawan hingga melebihi tingkat inflasi. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Jepang untuk mendorong upah minimum di Negeri Sakura. 

  4. Ukraina rugi hingga US$138 miliar akibat invasi Rusia. Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Ukraina Emine Dzheppar mengatakan 149.300 bangunan tempat tinggal rusak hingga Desember 2022. 

Summary:

Realisasi ekonomi AS yang berada di atas ekspektasi serta kemampuan AS mempertahankan ekonominya tetap positif di tengah ketidakpastian global berpotensi meningkatkan optimisme investor. Hal ini akan mendorong nilai aset berisiko, seperti saham.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,5% ke level 6.898 pada perdagangan Jumat, 27 Januari 2023. Dengan demikian, return Reksa Dana Saham (RDS) juga berpotensi meningkat.

Kamu bisa cicil beli Reksa Dana Saham dari sekarang agar nggak ketinggalan momentum. Reksa dana ini cocok untuk kamu yang memiliki target keuangan jangka panjang. 

Writer: Tim CRM