Investasi untuk Capai Business Strategy Perusahaan, Ini Caranya!

Saat menjalankan sebuah bisnis, diperlukan strategi agar semakin berkembang dan bisa memenangkan persaingan. Dengan strategi yang jelas, bisnis yang Anda lakukan bisa tetap sustain dan tentu saja diharapkan bisa cuan maksimal.

Menurut IMD.org, menciptakan business strategy bukanlah hal yang sulit, tapi butuh waktu dan fokus dengan tujuan apa yang ingin dicapai. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai business strategy, yakni menentukan visi perusahaan, menetapkan aturan, melakukan analisis bisnis, dan pasar sampai menciptakan keunggulan perusahaan.

Pertanyaan selanjutnya, how to build a business strategy?

Menentukan Visi

Agar strategi apapun yang dilakukan bisa berhasil, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah nilai-nilai perusahaan dan posisi pasar yang diinginkan. Dengan kata lain, set your vision first! 

Tetapkan Tujuan

Ini adalah hal-hal yang terkait dengan pendapatan hingga market penetration. Pada akhirnya, strategi sebuah bisnis adalah memastikan perusahaan dapat bersaing, terus tumbuh, dan berkembang.

Analisa dan Menentukan Market

Di sinilah bagaimana analisis SWOT bisa dijadikan sebagai kunci. Analisis SWOT  adalah strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan) dan threats (ancaman). Anda harus tahu bagaimana kekuatan hingga kesempatan yang bisa dicapai. Penting juga mengetahui kelemahan dan memastikan bahwa strategi yang tepat. Analisis SWOT mempertimbangkan tidak hanya situasi internal perusahaan, tetapi juga situasi eksternal, yaitu market

Selanjutnya, salah satu hal yang bisa menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis adalah bagaimana mengelola keuangan. Salah satunya adalah menyiapkan capital expenditure (capex) alias budget untuk membeli aset baru hingga biaya pemelihara. Namun, kebutuhan capex alias dana segar perusahaan biasanya nggak lantas terpenuhi langsung alias butuh waktu untuk mengumpulkannya. 

Nah, capex yang belum digunakan ini bisa menjadi dana idle alias “nganggur” sehingga bisa diinvestasikan untuk sementara waktu. Salah satunya adalah dengan menginvestasikan dana idle tersebut ke instrumen reksa dana. 

Mengenal Reksa Dana

Apa Itu Reksa Dana?

Ini adalah paket investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Reksa Dana menjadi instrumen investasi yang mudah untuk dibeli dan dijual. Beberapa keuntungan menginvestasikan dana idle ke instrumen Reksa Dana antara lain:

  • Return lebih tinggi dari deposito, hingga 3-7% nett per tahun 

  • Liquid, karena bisa dicairkan kapan saja saat dibutuhkan

  • Risiko rendah, setara dengan deposito 

Melalui Bibit Bisnis, Anda bisa menginvestasikan dana perusahaan ke Reksa Dana sesuai dengan kebutuhan serta jangka waktunya.

Simulasi Investasi Reksa Dana

Di atas adalah simulasi ketika Anda menempatkan uang di Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) untuk jangka waktu setahun. Berdasarkan mesin waktu reksa dana di aplikasi Bibit, total investasi Anda berpotensi tumbuh menjadi Rp104,1 juta. Tentunya ini lebih menguntungkan dibanding Anda menempatkan uang tersebut di tabungan bank. Namun ingat, tentukan timeline atau jangka waktu, dan berapa lama uang tersebut akan disimpan karena bisa mempengaruhi pemilihan jenis reksa dana.

Fitur Andalan Bibit Bisnis

Baca juga: 5 Strategi untuk Tingkatkan Revenue Bisnis Anda

Keunggulan Bibit Bisnis lainnya 

1. Aman dan terpercaya

Bibit merupakan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dan mendapat izin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dana investasi aman tersimpan di bank kustodian.  Selain itu, dana di akun Bibit Bisnis hanya bisa dicairkan ke akun bank atas nama perusahaan yang sudah terdaftar.

2. Ratusan variasi produk Reksa Dana

Terdapat kurang lebih 130 produk Reksa Dana dari berbagai MI terpercaya dan sudah diseleksi berdasarkan performa terbaik.

3. Tanpa biaya. Tanpa minimum penempatan

Tak ada minimal deposit maupun biaya tambahan atas transaksi jual beli Reksa Dana. 

4. Ada Wealth Specialist yang siap mendampingi

Susun strategi penempatan dana hingga rekomendasi Reksa Dana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis bersama Wealth Specialist yang didedikasikan khusus untuk Anda. Bibit Bisnis menyediakan wealth specialist yang independen, tanpa ada konflik kepentingan.

Tertarik bergabung dengan Bibit Bisnis? Segera daftar dan optimalkan keuangan perusahaan anda dengan berinvestasi di Bibit Bisnis sekarang!

Writer: Tim Edukasi