Bibit Weekly 6 November 2021: Cari Cuan dari Nabung Rutin Reksa Dana Pasar Uang

Halo Teman Bibit, 

Kamu pasti pernah dengar soal strategi Dollar Cost Averaging (DCA) atau nabung rutin ketika investasi. Nah, apakah ini memang strategi terbaik untuk investasi di semua produk? Daripada hanya menebak-nebak, di #PerluPaham bulan ini kita akan evaluasi sendiri dengan membahas studi kasus nabung rutin di berbagai jenis reksa dana.

Di minggu ini, kita akan mulai studi kasusnya dengan reksa dana pasar uang (RDPU) dan akan menggunakan rata-rata pergerakan 3 RDPU yang paling populer di aplikasi Bibit. 

Berapa return dan uang yang akan kita dapatkan ketika kita nabung rutin Rp 500.000,- setiap bulan mulai Januari 2020 hingga Oktober 2021?

Tabel akumulasi perkembangan portofolio

Seperti terlihat di tabel, ketika nabung rutin di RDPU setiap bulan sejak Januari 2020, kita akan bisa mengumpulkan Rp 6,7 juta setelah setahun. Kalau dilanjutkan sampai Oktober 2021, kita akan mendapat Rp 11,5 juta dengan keuntungan Rp 475 ribu atau 4,3%.

Menariknya kalau kita ingat, pandemi mulai melanda Indonesia sejak Maret 2020 yang mengakibatkan resesi dan memukul pasar modal di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tetapi meski pandemi, investasi reksa dana pasar uang masih tetap konsisten mengalami kenaikan. Hal ini karena reksa dana pasar uang biasanya berisi deposito dan instrumen yang jatuh tempo nya di bawah 1 tahun, jadi return-nya cenderung lebih stabil dengan risiko yang relatif rendah.

Selanjutnya ada strategi lain dalam investasi yaitu lump sum, di mana kamu menempatkan seluruh modal investasimu di awal. Dalam hal ini, jika kamu menempatkan Rp 11 juta di Januari 2020, modal tersebut akan berkembang 9,7% atau menjadi Rp 12 juta pada Oktober 2021.

Khusus untuk RDPU, strategi lump sum memang membuat keuntungan kamu lebih besar dibanding dengan nabung rutin atau DCA karena uang yang sudah kamu tempatkan bisa bekerja lebih lama (prinsip compounding). Tetapi hal ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki modal yang besar untuk diinvestasikan sejak awal.

Kesimpulannya, untuk produk yang cenderung stabil dan tidak mengalami fluktuasi seperti RDPU, keuntungan kamu akan lebih baik jika bisa menggunakan strategi lump sum, apabila modalnya sudah ada. 

Alternatifnya, kamu bisa mulai nabung rutin dengan modal yang lebih kecil yang juga bisa memberikan hasil yang cukup baik. Kamu kemudian bisa top-up investasi dengan lump sum ketika mendapat modal lebih, seperti ketika mendapat THR atau bonus tahunan. Yang terpenting dari nabung rutin di RDPU adalah fitur ini akan membantu kamu membangun kebiasaan untuk konsisten dalam berinvestasi. Yuk, mulai nabung rutin RDPU dari sekarang!

Nah, apakah strategi ini juga berlaku untuk reksa dana obligasi dan saham? Tunggu di newsletter minggu depan ya.

Disclaimer on:

Kinerja yang ditampilkan di atas bukanlah rekomendasi melainkan berdasarkan data pada kinerja 2020-2021 yang tidak menjamin kinerja di masa depan.


Kabar Indonesia

  • Pemerintah menetapkan PPKM level 1 terhadap sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Kota Bogor, Kota dan Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Bekasi. Pelonggaran PPKM Level 1 mengizinkan mal buka dengan kapasitas 100% dan tutup jam 10 malam

  • Badan Pusat Statistik mencatat ekonomi Indonesia tumbuh 3,51% sepanjang kuartal III 2021. Kondisi ini berbanding terbaik dengan kuartal III 2020 yang minus 3,49%.

  • Angka pengangguran turun 670 ribu menjadi 9,1 juta orang pada Agustus 2021 jika dibandingkan periode yang sama pada 2020. BPS mencatat tingkat pengangguran terbuka secara nasional turun dari 7,07% menjadi 6,49% per Agustus 2021.

  • Bank Indonesia mengumumkan nasabah bisa transfer dana antar bank menggunakan nomor handphone dan email melalui sistem BI Fast. Sistem pembayaran BI Fast ini berlaku mulai Desember 2021.

  • Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 pada 2022. Acara yang dihadiri pemimpin dunia tersebut rencananya digelar di Bali.


Poin penting:

Indikator penting ekonomi mulai menunjukkan sinyal positif. Pemerintah terus mendorong pemulihan ekonomi nasional. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan terus rajin menabung ya!


Kelas Bibit: IHSG Naik Turun, Invest Sekarang atau Nanti?


Catatan kaki: “Every decade or so, dark clouds will fill the economic skies, and they will briefly rain gold.” - Warren Buffett