Bibit Weekly Newsletter 12 April 2021: Ekonomi Dunia Perlahan Pulih, Benarkah?

unsplash-image-ir5MHI6rPg0.jpg

Halo Sobit,

Akhirnya pasar saham Indonesia stabil di level harga 6.000 selama seminggu lalu. Kondisi itu didukung berita positif dari Amerika dan Indonesia. Memang apa saja beritanya?

  • Bank Sentral Amerika (The Fed) mempertahankan suku bunga di level 0,25% untuk mendorong pemulihan ekonomi AS dengan memantau data lapangan perkerjaan AS. Makanya,  The Fed mengubah proyeksi pertumbuhan AS tahun ini dari 4,2% menjadi 6,5% 

  • Berjalannya program vaksinasi di berbagai negara, Lembaga International Monetary Fund (IMF) memperkirakan ekonomi dunia tumbuh 6% di tahun 2021. Kabar ini berpotensi meningkatkan minat investor asing untuk membeli saham di negara berkembang  seperti Indonesia. 

  • Setelah suku bunga BI turun ke level 3,5%, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengajak Bank Swasta menurunkan suku bunga kreditnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. 

  • Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di periode Maret 2021 meningkat dari 85,8 (periode Februari 2021) menjadi 93,4. Angka IKK terus mengalami tren peningkatan sejak Januari 2021, walaupun masih dibawah angka 100 yang artinya konsumen cenderung pesimistis terhadap kondisi ekonomi sekarang hingga enam bulan kedepan. 

Poin Penting

Informasi diatas berpotensi pada kinerja reksa dana saham dan reksa dana obligasi. Tetap fokus pada tujuan keuangan jangka panjang karena seluruh negara di dunia kompak mengambil kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Kabar Indonesia

  • Menurut Anggota Dewan Komisioner OJK, Bank digital bisa memberikan suku bunga rendah karena tak perlu kantor banyak sehingga biaya operasional lebih rendah. Di sisi lain, Bank BCA berencana mengoperasikan Bank Digital di pertengahan tahun ini

  • Pemerintah menetapkan THR harus dibayar penuh oleh pengusaha ke ke karyawannya. Harapannya konsumsi masyarakat meningkat untuk mendorong ekonomi nasional di kuartal kedua tahun 2021. 

  • Demi mencegah penularan COVID 19, Pemerintah resmi melarang mudik lebaran selama 6-17 Mei 2021. Berlaku untuk seluruh moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api, tetapi ada wilayah aglomerasi  yang dapat pengeculian pergerakan kendaraan. Salah satunya wilayah Jabodetabek (Pengecualian ini hanya berlaku untuk transportasi darat dan kereta api)

Poin Penting:

Selama negara tersebut masih ada, dikelola dengan baik, dan potensi pertumbuhan jelas yang turun masih bisa naik kembali seperti crash di tahun 2008. Saat ini, Pemerintah dan Bank Indonesia bekerja sama untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional

Tips Investasi 

Kamu berinvestasi harus memiliki tujuan karena investasi dapat diibaratkan berkendara. Coba bayangkan, jika kita berkendara belum menentukan tujuan maka hanya membuang-buang bensin saja. Lalu, tidak perlu saling membandingkan karena setiap orang memiliki tujuan dan timeline  masing-masing. 

Bagaimana mencapai tujuan investasi? 

Kamu bisa menggunakan fitur goal setting di Aplikasi Bibit. Misal punya tujuan untuk mempunyai Rp 50 juta pertama dalam waktu 2 tahun kedepan dengan kondisi gaji Rp 5 juta per bulan. 

Screen Shot 2021-04-12 at 8.42.19 AM.png
Screen Shot 2021-04-12 at 8.42.33 AM.png

Maka setiap bulan kamu perlu menyisihkan Rp 1.850.000 bulan secara konsisten untuk mencapai tabungan Rp 50 juta


catatan kaki: "Patience, persistence and perspiration make an unbeatable combination for success” - napoleon hill