Bibit Weekly Newsletter 31 Mei 2021: IHSG Naik 1% Minggu Lalu, Apa Pemicunya?

unsplash-image-IrRbSND5EUc.jpg

Halo Teman Bibit,

Akhirnya, IHSG bergerak naik sebesar 1% selama sepekan dari harga 5,793 pada 24 Mei ke harga 5,848 pada 28 Mei. Sentimen positif datang dari dalam dan luar negeri. Mari kita simak selengkapnya dibawah ini:

  • Data ketenagakerjaan AS Mei 2021 melebihi ekspektasi. Jumlah pengangguran berkurang menjadi 406.000 orang di bulan Mei dari 427.000 orang di bulan April. Hal ini dipicu oleh dilonggarkannya peraturan pencegahan penularan COVID 19. 

  • BI mempertahankan suku bunga acuan sebesar 3,5% untuk menjaga stabilitas rupiah dari dampak ketidakpastian kondisi global. Selain itu, Bank Indonesia menerapkan kebijakan untuk mendorong digitalisasi ekonomi dengan meningkatkan limit transaksi QRIS mulai 1 Mei 2021 dari Rp 2 juta menjadi Rp 5 juta. 

Poin Penting:

informasi diatas berpotensi pada kinerja reksa dana saham dan reksa dana obligasi. Tetap fokus pada tujuan keuangan jangka panjang karena seluruh negara di dunia kompak mengambil kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.


Kabar Indonesia

  • Pengenaan pajak penghasilan orang pribadi sebesar 35% bagi golongan super kaya yang berpenghasilan diatas Rp 5 miliar per tahun sedang direncanakan oleh Pemerintah. Awalnya, dikelompokkan sama dengan golongan berpenghasilan di atas Rp 500 juta per tahun. Selain itu, kondisi pandemi tidak berdampak signifikan bagi golongan super kaya. 

  • Penjualan properti residensial tumbuh 13,95% (yoy) pada triwulan I 2021. Dari sisi harga, pertumbuhan Indeks Harga Residensial triwulan 2021 tercatat sebesar 1,35%(yoy). Dari sisi konsumen, fasilitas KPR menjadi sumber pembiayaan utama dalam membeli rumah dengan pangsa mencapai 73,67% dari total pembiayaan. (sumber: survei Bank Indonesia)

  • Garuda Indonesia terus merugi dari Kuartal IV-2019 hingga Kuartal III-2020 karena pandemi corona. Maka diambil langkah penyehatan keuangan dengan menawarkan program pensiun dini ke karyawan dan memangkas operasional armada dari 142 pesawat menjadi 70 pesawat.

Poin Penting: 

Tetap fokus investasi jangka panjang hingga tujuan keuangan kamu tercapai selama negara tersebut masih ada, dikelola dengan baik, dan potensi pertumbuhan jelas.


Tips Investasi 

Investasi secara rutin menjadi mudah dan praktis di Bibit. Pakai GoPay AutoPay, kamu bisa langsung potong saldo GoPay kamu secara otomatis supaya investasi kamu jadi lebih disiplin. Kamu bisa mengatur investasi rutin bulanan, mingguan bahkan harian tanpa dikenakan biaya transfer. Nabung rutin pakai GoPay AutoPay di Bibit bisa dimulai dari Rp10.000.

template+flow+gopay.001.jpg

catatan kaki:  “If you want to happy, set a goal that commands your thoughts, liberates your energy, and inspires your hopes’ - Andrew Carnegie