Cara Dapatkan Passive Income yang Bisa Buat Tidurmu Lebih Nyenyak

Tidur dengan nyenyak tentu menjadi harapan setiap orang. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati tidur yang berkualitas tersebut. Pikiran yang penuh kegelisahan akan masa depan finansial, bisa menjadi salah satu penyebab kurang lelapnya saat tidur. 

Umumnya orang-orang yang cemas dan gelisah dengan kondisi finansialnya adalah mereka yang memiliki ketidakpastian dalam hal pendapatan (income). Mungkin saja mereka sekarang memiliki gaji tetap, tapi apakah penghasilan tersebut dapat membuatnya hidup lebih baik di masa depannya? Tentu saja jika seseorang hanya mengandalkan penghasilan dari gaji saja tiap bulannya, mereka akan kesulitan meraih finansial yang sehat di masa depan.

Gimana Cara Mendapatkan Passive Income?

Lalu bagaimana solusinya? Agar bisa meraih finansial yang mumpuni di masa depan, kamu harus mencari pemasukan lain guna mendapatkan passive income (penghasilan pasif). Menurut beberapa sumber, passive income diartikan sebagai penghasilan (uang) yang diperoleh seseorang dengan melakukan aktivitas yang sangat minim melalui beberapa cara. Dengan passive income tersebut, seseorang akan mendapatkan penghasilan lebih yang akan mendukung finansialnya jadi lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan passive income. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Tapi karena saat ini investasi banyak macamnya, maka kamu perlu cermat memilih investasi yang tepat. Lalu seperti apa investasi yang tepat tersebut? Investasi yang tepat untuk dipilih adalah investasi yang memiliki tiga kriteria yaitu aman, nyaman dan menguntungkan. Berikut daftar investasi yang hadirkan passive income dengan keuntungan, keamanan dan kenyamanan optimal tersebut.

1.    Reksa Dana

Pertama, pilihan investasi yang mampu hadirkan passive income adalah reksa dana. Menurut undang-undang Pasar modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27) yang dirilis OJK: Reksa Dana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Dengan berinvestasi pada reksa dana, kamu tidak akan direpotkan dengan urusan mengamati keadaan pasar uang, tingkat acuan suku bunga, atau pergerakan saham. Sebab semua hal tersebut akan dilakukan dengan profesional oleh Manajer Investasi (MI).

Reksadana sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kamu pilih yakni reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham dan juga reksadana campuran. Keempat jenis reksadana ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti pada keuntungan dan tingkat risikonya. Tentu agar bisa mendapatkan imbal hasil dan passive income yang diinginkan, kamu perlu memilih reksadana sesuai dengan profil investasimu.

2.    Saham

Pilihan berikutnya untuk investasi yang tepat dan menghadirkan passive income adalah saham. Investasi pada saham memang punya risiko yang tinggi. Saham memang memiliki pergerakan yang dipengaruhi oleh banyak faktor hingga membuat investasi ini sangat fluktuatif. Dari sinilah kamu yang menjalankan investasi pada saham harus jeli dan cermat dalam membuat keputusan untuk hold, buy atau sell

Karena berisiko tinggi, maka investasi saham hanya tepat dijalankan oleh orang-orang yang memiliki profil agresif. Tapi perlu dipahami, investasi yang terkategori jangka pendek ini juga menghadirkan kesempatan memperoleh cuan dan passive income yang besar. Asal kamu bisa menjalankan strategi yang tepat, maka keuntungan besar dari investasi saham, akan dapat kamu raih.

3.    Surat Berharga Negara (SBN)

Selanjutnya, jenis investasi yang bisa kamu pilih untuk meraih passive income adalah Surat Berharga Negara (SBN). SBN sendiri adalah instrumen fiskal yang diterbitkan dan dikelola oleh negara melalui Kementerian Keuangan untuk dijadikan pilihan investasi oleh publik. Karena dirilis dan dikelola pemerintah, maka investasi pada SBN ini tidak perlu diragukan lagi keamanannya. Selain aman, dari investasi SBN kamu juga bisa mendapatkan passive income yang menguntungkan setiap waktunya. Passive income dari investasi SBN sendiri diperoleh dari kupon yang besarannya sudah dipastikan di atas rata-rata bunga deposito bank BUMN.

Dari semua kriteria yang dimiliki aplikasi Bibit inilah maka kamu akan bisa berinvestasi dengan aman, nyaman dan menguntungkan. Ketika kamu bisa menjalankan investasi secara aman, nyaman dan menguntungkan, maka kamu akan bisa mendapatkan passive income yang mendukung kehidupanmu di masa depan. Menariknya, passive income tersebut bisa kamu dapatkan sambil tidur dengan nyenyak.