Cara Mudah Kumpulin DP Rumah Pakai Reksa Dana Obligasi

Dalam membeli rumah secara KPR, umumnya pihak Bank masih mensyaratkan pembayaran uang muka (Down Payment / DP), yang besarnya dapat berkisar antara 10-30% dari nilai properti(*). Hal ini sering menjadi alasan mengapa banyak kaum muda kesulitan dalam memiliki rumah. 

(*) Tergantung penyedia fasilitas KPR

Cari tahu cara mengumpulkan DP Rumah yang mudah dan cepat pakai reksa dana di Bibit!

Tahun 2024 Menarik untuk Beli Properti

Sejumlah faktor menjadikan 2024 sebagai tahun yang menarik untuk beli rumah pertama kamu:

  • Pada November 2023, pemerintah mulai menerapkan kembali kebijakan insentif PPN Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk rumah dengan harga jual maksimal Rp 5 miliar berlaku hingga akhir tahun 2024. 

  • Bank Indonesia diperkirakan akan mulai melakukan pemangkasan suku bunga acuan di tahun 2024. Hal ini berpotensi diikuti penurunan suku bunga KPR dan berimbas pada jumlah cicilan menjadi lebih rendah.

Nabung Rutin Reksa Dana Obligasi untuk DP Rumah

Lantas bagaimana jika DP beli rumah belum terkumpul di tahun ini? Kamu tentu tidak perlu berkecil hati karena belum terlambat untuk memulai. 

  • Salah satu cara untuk mengumpulkan uang muka lebih cepat dan mudah adalah dengan menerapkan nabung rutin pada instrumen Reksa Dana Obligasi. 

  • Ini karena kamu berpotensi mendapat imbal hasil (return) selama periode nabung rutin, jadi dana kamu lebih cepat berkembang.

Simak contoh berikut:

Bobit berencana mengumpulkan dana DP rumah dengan target 5 tahun. 

  • Estimasi harga rumah dalam 5 tahun: Rp 1.000.000.000

  • Jumlah uang muka yang disyaratkan Bank sebesar 20% atau senilai Rp 200.000.000

  • Bobit memilih produk Reksa Dana ABF Indonesia Bond Index Fund sebagai instrumen nabung rutin.

Dengan Investasi Nabung Rutin Reksa Dana Obligasi

Menggunakan fitur Mesin Waktu Investasi di aplikasi Bibit, untuk mengumpulkan dana senilai 200 juta dalam 60 bulan (5 tahun), estimasi nilai investasi yang perlu disisihkan Bobit adalah sebesar Rp2.831.246.

Tanpa Investasi

Jika Bobit menabung jumlah yang sama tanpa diinvestasikan, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang muka adalah:


200.000.000 : 2.831.245 = ~71 bulan (~5 tahun 11 bulan)


Tanpa berinvestasi, Bobit memerlukan waktu hampir 1 tahun lebih lama untuk mengumpulkan DP rumah, dibandingkan jika melakukan nabung rutin di Reksa Dana Obligasi.

Keuntungan Nabung Rutin di Reksa Dana Obligasi

Top Reksa Dana Obligasi di Bibit

Nabung rutin di Reksa Dana Obligasi pakai fitur Nabung Rutin di Bibit untuk capai tujuan keuanganmu. Pelajari panduan pembelian nabung rutin!

Writer: Investment Research Team

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.