Cara Nabung Rp100 Juta Pertama dengan Gaji Rp15 Juta

Siapa sih yang gak mau punya tabungan Rp100 juta? Pasti semuanya mau dong. Tapi, kadang karena angka yang ‘wah’ kita udah keburu minder duluan nih dan cuma bisa bertanya dalam hati “Bisa gak ya?” atau “Emang bisa?”.

Padahal, semuanya bisa loh dicapai. Tergantung konsistensi dan niat kamu. Nah, Bibit punya nih tips buat kamu dengan gaji Rp15 juta agar mencapai tabungan Rp100 juta pertama kamu.

Jadi, gimana sih caranya? Ada dua cara yang bisa kamu coba nih!

1. Gunakan Goal Setting di Bibit

Cara paling mudah adalah gunakan fitur ‘Goal Setting’ di Bibit. Kamu bisa buat portofolio baru dengan nama ‘100 Juta Pertama’. Kamu bisa atur target waktu yang dibutuhkan. Bibit kasih tiga contoh kasus ya.

Pertama, kamu bisa setting selama 1 tahun yang dimulai pada Februari 2022 dan berakhir pada Maret 2023. Dengan profil risiko yang Bibit atur Moderat, kamu bisa menabung sebesar Rp7,3 juta per bulan dalam 12 bulan agar mencapai 100 juta pertama kamu. Dengan asumsi gaji kamu Rp15 juta, artinya kamu masih punya budget untuk kebutuhan sehari-sehari sebesar Rp7,7 juta. 

Kedua,  kamu bisa setting selama 1,5 tahun yang dimulai pada Februari 2022 dan berakhir pada September 2023. Dengan profil risiko yang Bibit atur Moderat, kamu bisa menabung sebesar Rp4,9 juta per bulan dalam 18 bulan agar mencapai 100 juta pertama kamu.

Dengan asumsi gaji kamu Rp15 juta, artinya kamu masih punya budget untuk kebutuhan sehari-sehari sebesar Rp9,1 juta. 

Ketiga, kamu bisa setting selama 2 tahun yang dimulai pada Februari 2022 dan berakhir pada Maret 2024. Dengan profil risiko yang Bibit atur Moderat, kamu bisa menabung sebesar Rp3,6 juta per bulan dalam 24 bulan agar mencapai 100 juta pertama kamu.

Dengan asumsi gaji kamu Rp15 juta, artinya kamu masih punya budget untuk kebutuhan sehari-sehari sebesar Rp11,4 juta. 

Semuanya menggunakan simulasi dengan rekomendasi Robo di Bibit ya. 

2. Buat Budgeting Biaya Sehari-hari

Jika sebelumnya budget tabungan bulanan ditentukan dari fitur ‘Goal Setting’, kali ini sedikit berbeda. Jumlah tabungan disesuaikan setelah kamu menghitung semua kebutuhan sehari-hari dari mulai cicilan, uang makan, dll. 

Jika dibuat dengan asumsi kebutuhan sehari-hari sesuai tabel di bawah ini, maka kamu bisa menabung sekitar Rp8,5 juta per bulan dan mencapai Rp100 juta pertama kamu dalam 12 bulan. Nah, jika kamu ingin mencapai waktu yang lebih cepat, maka jumlah pengeluaran yang harus ditekan ya! Berikut tabel gambaran pengeluaran yang bisa kamu coba!