Tips Nabung 50 Juta Pertama Buat Gaji di Bawah 10 Juta! Cek Caranya Yuk!

Mau punya tabungan 50 juta, tapi galau karena gaji gak sampai Rp10 juta? Jangan minder, jangan galau, jangan takut. 

Semua bisa kamu capai asal ada tekad dan konsisten loh. Bibit pun akan bantu kamu konsisten nabung! 😉

Jadi, gimana sih caranya? Ada dua cara yang bisa kamu coba nih!

1. Gunakan Goal Setting di Bibit

Cara paling mudah adalah gunakan fitur ‘Goal Setting’ di Bibit. Kamu bisa buat portofolio baru dengan nama ‘50 Juta Pertama’. Kamu bisa atur target waktu yang dibutuhkan. Bibit kasih tiga contoh kasus ya. 

Pertama, kamu bisa setting selama 1 tahun yang dimulai pada Februari 2022 dan berakhir pada Maret 2023. Dengan profil risiko yang Bibit atur Moderat, kamu bisa menabung sebesar Rp3,65 juta per bulan dalam 12 bulan agar mencapai 50 juta pertama kamu. Dengan asumsi gaji kamu Rp9 juta, artinya kamu masih punya budget untuk kebutuhan sehari-sehari sebesar Rp5,35 juta. 

Kedua,  kamu bisa setting selama 1,5 tahun yang dimulai pada Februari 2022 dan berakhir pada September 2023. Dengan profil risiko yang Bibit atur Moderat, kamu bisa menabung sebesar Rp2,45 juta per bulan dalam 18 bulan agar mencapai 50 juta pertama kamu.

Dengan asumsi gaji kamu Rp9 juta, artinya kamu masih punya budget untuk kebutuhan sehari-sehari sebesar Rp6,550 juta. 

Ketiga, kamu bisa setting selama 2 tahun yang dimulai pada Februari 2022 dan berakhir pada Maret 2024. Dengan profil risiko yang Bibit atur Moderat, kamu bisa menabung sebesar Rp1,8 juta per bulan dalam 24 bulan agar mencapai 50 juta pertama kamu.

Dengan asumsi gaji kamu Rp9 juta, artinya kamu masih punya budget untuk kebutuhan sehari-sehari sebesar Rp7,2 juta. 

Semuanya menggunakan simulasi dengan rekomendasi Robo di Bibit ya. 

2. Buat Budgeting Biaya Sehari-hari

Jika sebelumnya budget tabungan bulanan ditentukan dari fitur ‘Goal Setting’, kali ini sedikit berbeda. Jumlah tabungan disesuaikan setelah kamu menghitung semua kebutuhan sehari-hari dari mulai cicilan, uang makan, dll. 

Jika dibuat dengan asumsi kebutuhan sehari-hari sesuai tabel di bawah ini, maka kamu bisa menabung sekitar Rp4,2 juta per bulan dan mencapai Rp50 juta pertama kamu dalam 12 bulan. Nah, jika kamu ingin mencapai waktu yang lebih cepat, maka jumlah pengeluaran yang harus ditekan ya! Berikut tabel gambaran pengeluaran yang bisa kamu coba!

Intinya, cara manapun untuk mencapai target tabungan kamu, kuncinya adalah konsisten menabung. Bibit bisa bantu konsisten nabung dengan fitur Nabung Rutin loh. Coba sekarang yuk! 😉

Nah, supaya makin semangat capai 50 juta pertamanya. Ikut nabung rutin challenge di bawah ini!😉