Bibit Weekly Newsletter 11 September 2021: Ekspektasi Kondisi Ekonomi 6 bulan Ke Depan Membaik! | Solusi Mudah Mencapai Tujuan Keuangan

uneebo-office-design-6182SnH84II-unsplash.jpg

Halo Teman Bibit, 

Bank Indonesia menginfokan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2021 sebesar 77,3 , lebih rendah dari Juli 2021 sebesar 80,2. Artinya, persepsi konsumen pada kondisi ekonomi sekarang melemah karena kebijakan PPKM Level 3 dan 4 berdampak pada kembali menurunnya aktivitas ekonomi dan terbatasnya penghasilan masyarakat. 

Disisi lain, ekspektasi konsumen pada kondisi ekonomi 6 bulan ke depan akan membaik dengan turunnya penyebaran kasus Covid-19 dan meningkatnya vaksinasi. Ini terlihat pada Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Agustus 2021 sebesar 95,3, lebih tinggi dari 93,2 pada Juli 2021. 

(sumber: survei Bank Indonesia)

Poin Penting: 

Membaiknya ekspektasi kondisi ekonomi 6 bulan ke depan. Sejalan dengan dilonggarkannya PPKM Level 3 di Jawa-Bali. Seperti Mall dan restoran di ruang terbuka bisa buka sampai jam 9 malam dengan kapasitas 50% sehingga aktivitas ekonomi bisa jalan kembali. 


Kabar Indonesia

  • (Persero) mencatat konsumsi listrik tumbuh 4,44% dari Januari-Juli 2020 ke Januari-Juli 2021. Ini pertanda pemulihan ekonomi karena semakin meningkatnya aktivitas maka perlu banyak energi yang salah satunya listrik. Contohnya di sektor industri, konsumsi listrik tumbuh 9,93%. 

  • Indonesia kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 500 ribu dosis. Vaksin ini didapat dari bagian rencana dukungan 2,5 juta vaksin untuk Masyarakat Indonesia dari Pemerintah Australia di tahun 2021. 

  • Bank Indonesia (BI) sudah memiliki kerja sama memakai mata uang lokal untuk transaksi dagang dan investasi dengan Malaysia, Jepang, China, dan Thailand. Langkah ini diharapkan bisa menjaga nilai tukar rupiah dan mengurangi ketergantungan pada dolar AS.


#PerluPaham bulan September: Capai Tujuan Keuangan Sambil Rebahan


Minggu ke -2: Solusi mudah mencapai tujuan keuangan

Di Bibit Newsletter minggu lalu, kita sudah mengidentifikasi kesalahan umum ketika menjalankan tujuan keuangan, diantaranya kurang disiplin, overthinking saat berinvestasi, serta tidak memperhitungkan risiko dan jangka waktu. Kali ini, kita akan membahas cara mudah mengatasi permasalahan kurang disiplin.  

Caranya adalah dengan menabung rutin menggunakan autodebit. Dengan autodebit, kamu hanya perlu set jadwal lalu investasi kamu akan berjalan secara otomatis. Selain itu, nabung rutin dengan autodebit juga memiliki berbagai manfaat.

Manfaat Nabung Rutin

1. Lebih disiplin berinvestasi

Kamu tentunya tahu bahwa investasi itu baik, tapi untuk disiplin investasi setiap waktu itu memang tidak mudah kadang banyak godaannya, tapi dengan adanya autodebit, uang kamu akan terpotong dan diinvestasikan secara otomatis sehingga kamu menjadi terbiasa disiplin menabung!

2. Membangun habit

Berdasarkan penelitian, kamu perlu konsisten selama 21 hari untuk membangun habit. Jadi, bisa karena terbiasa. Nah, autodebit membuat kamu otomatis membangun habit dalam berinvestasi. Mencapai tujuan keuangan pun akhirnya terasa lebih mudah.

3. Mencegah impulsive buying

Kamu udah belanja apa aja bulan ini? Apakah yang kamu beli memang keperluan atau sebenarnya impulse buying? Impulsive buying atau beli barang spontan tanpa dipikir dulu, bisa mengakibatkan budget investasi kamu terpakai. Autodebit dapat mencegahnya dan membantu kamu menerapkan prinsip spending after saving.


Memulai kebiasaan nabung rutin, bisa langsung kamu lakukan caranya gampang, masuk ke aplikasi Bibit dan pilih Nabung Rutin! Kamu bisa pilih pembayaran melalui Gopay Autopay atau Autodebit Bank Jago.

Kabar baiknya, Bibit sedang mengadakan autodebit challenge menggunakan Autodebit Bank Jago. Kamu bisa membangun habit nabung rutin sekaligus mendapatkan cashback lho, menarik kan? Yuk, ikutan!


Sampai jumpa di Bibit Newsletter minggu depan!