INDF: Laggard Play with Limited Downside (All-Time Low Valuation)

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) atau lebih dikenal sebagai Indofood, merupakan produsen di bidang makanan olahan, bumbu, minuman, kemasan, minyak goreng, pabrik gandum hingga pabrik pembuatan karung tepung. 

Analyst Stockbit menilai saham INDF menarik untuk diakumulasi pada saat ini karena:

  • Laggard Play – Dengan korelasi kinerja dan harga saham ICBP dan INDF yang tinggi, INDF berpotensi menyusul kenaikan ICBP belakangan ini. Harga saham ICBP telah pulih dan naik sekitar +16% dari titik terendahnya pada 1 November 2023 hingga penutupan 15 Februari 2024, sementara pergerakan harga saham INDF masih cenderung flat.

  • All-Time Low Valuation – Baik secara nominal (5,5x P/E dan 0,80x P/BV) maupun relatif (60% diskon terhadap ICBP), valuasi INDF saat ini telah mencapai mencapai level yang murah, bahkan terendah sepanjang masa (all-time low). Padahal, kinerja laba bersih INDF per 2023 mencapai level tertinggi sepanjang masa (all-time high), berdasarkan estimasi kami. Oleh karena itu, kami menilai risiko downside lanjutan tampak terbatas, sekaligus memberikan peluang upside yang menarik jika level diskon mengecil.

  • Attractive Dividend – INDF menawarkan dividen yang cukup menarik, dengan yield sebesar 5–6% per tahun dari tahun buku 2023 dan 2024, berdasarkan estimasi konservatif kami. Dari aspek prospek kinerja, kami memprediksi pertumbuhan laba bersih 2024 sebesar +5%, didorong masih akan solidnya kinerja ICBP seiring peningkatan daya beli pada tahun politik serta prediksi biaya bahan baku (gandum) dan nilai tukar rupiah yang stabil.

Kamu bisa baca selengkapnya dalam artikel INDF: Laggard Play with Limited Downside (All-Time Low Valuation)

Temukan juga key information penting lainnya dari INDF dengan Key Stats di aplikasi Bibit!

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan informasional dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual saham tertentu. Always do your own research!


Keunggulan Investasi Saham di Bibit 

1. Tampilan Ramah Bagi Pemula

Mulai investasi saham yang mudah dan simple, didesain khusus untuk casual investor!

2. Satu Aplikasi untuk Beragam Aset

Semua portofolio aset kamu terintegrasi dalam satu aplikasi di Bibit, mulai dari reksa dana, SBN, Obligasi FR hingga saham. Bibit juga terhubung dengan aplikasi Stockbit, analisis saham dengan fitur lebih profesional!

3. Akses Playlist Investasi untuk Stock Ideas

Kamu juga bisa temukan ide investasi saham lainnya di aplikasi Bibit dengan Playlist Investasi dengan metrics yang dikurasi khusus: Timeless Stock, Top Dividen, hingga Cash Rich.