Ini Alasan Dana Investasimu Tetap Aman di Bibit

Keamanan saat investasi menjadi hal esensial bagi tiap investor. Maka buat kamu yang berinvestasi di Bibit, mungkin sering mempertanyakan apakah dana investasi tetap aman dan di mana sebenarnya danamu disimpan.

Namun tidak perlu khawatir karena keamanan dana nasabah di Bibit menjadi prioritas utama. Artikel ini akan membantu kamu untuk memahami lebih lanjut tentang keamanan berinvestasi di Bibit dan juga di mana dana investasimu sebenarnya disimpan. 

Kenali KSEI dan Keamanan Portofolio Investasimu 

Semua produk investasi yang kamu beli melalui aplikasi Bibit, termasuk reksa dana, obligasi, dan saham tercatat di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau dikenal juga sebagai KSEI. Karena terdaftar di KSEI, semua investasi tersebut tercatat atas nama kamu sebagai pemilik dari aset investasi.  Jadi aset kamu tidak disimpan atas nama Bibit dan tidak tercampur dengan aset Bibit. Kamu bisa mengecek pencatatan investasi tersebut lewat AKSes KSEI.

Apa Itu AKSes KSEI?

AKSes KSEI merupakan fasilitas yang disediakan oleh KSEI agar investor dapat secara langsung memantau portofolio investasinya di pasar modal Indonesia. Hal ini juga menjadi langkah dalam meningkatkan transparansi informasi dan perlindungan investor.

Dengan fasilitas AKSes KSEI ini, kamu dapat melihat laporan investasi (account statement) milik kamu dari Bank Kustodian. Berikut ini gambarannya: 

Contoh Laporan Portofolio Investasi yang Bisa Dilihat dari laman AKSes KSEI

Dana Aman Tersimpan di Bank Kustodian

Selain itu, dana yang sudah kamu investasikan di reksa dana dan tercatat di KSEI tersimpan di bank kustodian. Jadi Bibit tidak menyimpan dana investasimu. Apapun yang terjadi pada Bibit, dana investasimu tetap tersimpan aman di bank kustodian dan dapat dicairkan kapan saja.

Bank kustodian merupakan bank yang sudah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyimpan dana investasi kamu. Setiap produk reksa dana memiliki bank kustodian yang berbeda sesuai dengan kebijakan dari masing-masing manajer investasi. Di aplikasi Bibit, kamu bisa mengecek bank kustodian pada halaman produk reksa dana.

Contoh Bank Kustodian yang Bisa Dilihat dari Halaman Produk Reksa Dana di Bibit

Bagaimana Cara Mengakses AKSes KSEI?

Berikut ini langkah-langkah untuk melihat kepemilikan investasimu di AKSes KSEI: 

1. Kamu bisa login dengan link https://akses.ksei.co.id/login. Masukkan email yang terdaftar beserta kata sandi dan klik “masuk”.

2. Di bagian kiri, klik ‘Portofolioku’ lalu klik ‘Saldo’.

3. Keseluruhan portofolio investasi atas namamu akan muncul di layar.

Jika belum mendaftar, kamu bisa melakukan registrasi AKSes KSEI terlebih dahulu dengan tautan https://akses.ksei.co.id/register. Panduan registrasi bisa juga kamu lihat di laman FAQ Bibit dengan klik DI SINI.  

Baca Juga: Laporan Transaksi Reksadana Kini Sudah Online via AKSes KSEI

Jadi sistem keamanan di Bibit sudah unggul karena semua pembelian produk investasi seperti reksa dana, obligasi, dan saham melalui Bibit tercatat atas namamu sebagai pemilik aset dan laporannya bisa dilihat langsung di AKSes KSEI. 

Writer: Tim Edukasi