Investasi Nggak Perlu Ribet dengan SR018

Apa Kabar Kamu dan Portofoliomu?

Akhir-akhir ini kondisi pasar keuangan memang lebih fluktuatif dengan berbagai sentimen negatif, khususnya akibat krisis yang dialami para perbankan global. Tak bisa dipungkiri, kinerja portofolio investasi kita pun juga tertekan dan belum menunjukkan hasil ‘manis’ alias untung. Hal tersebut sangat wajar kok!

Namun sayangnya tak sedikit investor yang merasa panik ketika market sedang terkoreksi menurun. Bahkan ada yang sampai ‘jual rugi’ asetnya karena  takut  merugi lebih dalam. 

Tidak jarang, banyak yang ‘kapok’ atau enggan investasi karena pengalaman buruk tersebut. Akhirnya tidak memulai investasi lagi. Padahal investasi tetap penting untuk dilakukan demi mengembangkan aset yang dimiliki guna membantu mencapai tujuan keuangan di masa depan serta melawan inflasi. 

Kendati demikian, keputusan dalam memilih instrumen investasi akan ‘menuntut’ investor untuk meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam menganalisis pasar. Semakin kompleks karakteristik asetnya, makin besar pula usaha yang harus dilakukan untuk melakukan proses analisis.  Bagi sebagian besar orang, hal ini terlihat rumit dan sulit sehingga tak jarang membuat mereka enggan atau mencari strategi yang lebih mudah

Investasi Tanpa Strategi Ribet, Emang Ada?

Tentu saja ada! instrumen investasi yang nggak memerlukan strategi rumit dan tetap bisa membuatmu tidur nyenyak. Yuk kenalan dengan instrumen investasi Sukuk Ritel SR018 yaitu bagian dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang diterbitkan langsung oleh Pemerintah Indonesia.

Sukuk Ritel SR018 ini merupakan instrumen investasi yang mudah dilakukan dan aman karena dijamin negara melalui Undang-Undang. Selain itu, SR018 dikelola secara syariah yang didasari fatwa dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

SR018: Ada Imbal Hasil Berupa Kupon yang Pasti

Imbal hasil SR018 berupa kupon. Ibaratnya nih, kalau di deposito bank seperti bunga. SR018 memiliki skema kupon fixed rate, yang artinya nilai kupon tidak akan berubah hingga nanti jatuh tempo. Jadi nggak perlu khawatir deh dengan ketidakpastian ekonomi dan market fluktuatif, karena kupon (bunga) yang kamu terima nilainya tidak akan berubah.

Kupon SR018 akan dibagikan setiap bulannya setiap tanggal 10 hingga jatuh tempo. Lumayan banget untuk jadi sumber passive income, kan?

SR018 memiliki 2 tipe, yaitu SR018-T3 (tenor 3 tahun) dan SR018-T5 (tenor 5 tahun). Simak tabel di bawah ini untuk melihat perbedaan dari kedua tipe SR018 ini:

Adanya dua tipe dari SR018 ini bisa membantu kamu dalam memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan keuangan. Misalnya, 3 tahun lagi kamu ingin menikah atau berangkat umroh, maka SR018-T3 bisa menjadi salah satu pilihan ideal. Atau contoh lain, kamu ingin mengumpulkan uang untuk DP rumah atau dana pendidikan anak masuk SD, kamu juga bisa pilih SR018-T5.

Simulasi Imbal Hasil SR018-T3 dan SR018-T5

Setelah mengetahui karakteristik SR018, mungkin yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah “berapa sih keuntungan yang bisa diperoleh?”. Nah, perhatikan tabel berikut ya untuk simulasi imbal hasil dari SR018!

Tabel di atas juga sudah memperhitungkan potongan pajak 10%. Jadi yang kamu terima sudah bersih (net) dan tidak ada potongan lainnya!

Dari sini, sudah jelas kalau investasi di SR018 nggak perlu strategi rumit yang memaksa kamu melakukan analisis secara kompleks, bukan? Karena imbal hasil yang pasti akan diterima tiap bulan serta modal investasi juga akan kembali utuh ketika jatuh tempo. Investasi jadi lebih mudah, kan?

Tertarik untuk investasi anti ribet dengan SR018? Jangan sampai ketinggalan ya, karena SR018 hanya bisa dibeli saat masa penawarannya saja, yaitu dari 3-29 Maret 2023!

Kamu bisa membeli SR018 melalui Bibit lho, karena Bibit sudah ditunjuk resmi oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai Mitra Distribusi (Midis) dan juga terdaftar serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tunggu apa lagi?

Writer: Tim Edukasi

Disclaimer: Konten dibuat untuk tujuan edukasi dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli/menjual reksa dana/produk tertentu.