Investasi Syariah Ternyata Nggak Susah, Yuk Belajar Bareng di Sini!

Keuangan berbasis syariah kian mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, aset industri keuangan syariah tumbuh 13,82% (YoY) mencapai Rp2.050,44 triliun sepanjang 2021. Keuangan syariah tersebut terkait juga dengan produk investasi syariah, di mana ada beberapa yang bisa menjadi pilihan antara lain efek syariah berupa saham, Sukuk, dan Reksa Dana Syariah. 

Pada laman resmi OJK, dijelaskan bahwa untuk investasi saham, tidak semua saham dikategorikan sebagai saham syariah. Adapun ciri-ciri saham syariah antara lain tidak melakukan usaha perjudian, perdagangan yang dilarang, jual beli yang mengandung unsur ketidakpastian dan judi, produksi dan distribusi barang haram hingga transaksi suap. 

Sementara untuk sukuk, ini adalah Surat Berharga Syariah  Negara (SBSN) ritel yang diterbitkan oleh pemerintah. Tahun ini, pemerintah sudah dua kali menerbitkan Sukuk Ritel (SR) yang pertama SR seri SR016 dan SR017.

Kemudian untuk Reksa Dana syariah merupakan salah satu pilihan untuk kaum muslim yang ingin menjalankan investasi secara halal. Dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 20/DSN-MUI/IV/2001 dan juga tata aturan oleh OJK serta DPS (Dewan Pengawas Syariah), maka kehalalannya sudah tak perlu diragukan lagi.

Meski sudah dipastikan kehalalannya, sebagai investor kamu tetap harus teliti dalam memilih reksa dana syariah. Di aplikasi Bibit, kamu bisa memilih reksa dan syariah ini dengan cara yang mudah. Kamu bisa menemukan daftar reksa dana syariah di bagian muka aplikasi Bibit. Seperti gambar di bawah ini!

Nggak cuma itu, Bibit juga memiliki fitur preferensi syariah khusus untuk kamu yang terdata sebagai Muslim saat mendaftar di aplikasi Bibit. Fitur tersebut terdapat di bagian “profil” seperti di bawah ini!

Kalau kamu geser tombol Bibit Syariah menjadi hijau, artinya kamu nggak perlu repot lagi menentukan antara reksa dana konvensional dan reksa dana syariah. Sehingga, kamu bisa langsung melakukan transaksi pembelian produk reksa dana yang tentunya sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risikomu.

Nah, buat yang udah investasi reksa dana syariah di aplikasi Bibit, kamu juga bisa terus sambil belajar dan upgrade pengetahuan kamu tentang investasi syariah. Salah satunya dengan join event Bibit dan Bank Jago “Menjadi Investor Syariah, Raih Masa Depan Penuh Berkah”.

Pembicara pada event ini adalah Greget Kalla Buana yang merupakan seorang Islamic Financial Specialist & Influencer serta Agung Lesmana sebagai Head of Sharia Business Development & Product Solution Bank Jago Syariah. Pada event ini, kamu bakal belajar banyak hal mulai dari mengelola keuangan syariah sampai gimana mudahnya transaksi dan investasi syariah saat ini. 

Jadi, catat tanggalnya yaitu Rabu, 28 September 2022 pukul 19.00 dan akan LIVE di Youtube. Yuk, kita capai keberkahan bersama-sama!