Kultum Bibit: Strategi Nabung untuk Umroh

Sebagian orang pasti punya keinginan dan akan berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut. Salah satu keinginan yang mungkin saat ini sedang berusaha kamu wujudkan adalah pergi umroh ke tanah suci. 

Adapun ongkos umroh mengacu pada Kementerian Agama adalah sebesar Rp 28 juta. Terbilang angka yang cukup besar. Tapi jangan berkecil hati, karena jika kamu memiliki tekad kuat untuk mengumpulkan, maka bukan tidak mungkin jumlah tersebut bisa kamu wujudkan.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar keinginanmu ini bisa checklist alias terealisasi adalah:

1.Atur Biaya Bulanan

Kamu bisa mulai dengan mengatur pengeluaran bulananmu. Pangkas pengeluaran yang tidak penting, misalnya terlalu sering menerima ajakan berbuka puasa bersama, hingga membeli terlalu banyak ta’jil hanya karena lapar mata. Atau kamu tak bisa mengendalikan diri selagi menunggu waktu berbuka dengan cara check out belanja online dengan alasan mumpung diskon. 

Biar kamu nggak kebablasan, cobalah atur keuanganmu secara perlahan. Hitung dengan cermat pengeluaranmu dan pastikan kamu menyisihkan di awal setelah gajian, bukan sebaliknya. 

2. Cari Pekerjaan Sampingan

Jika kamu merasa penghasilanmu belum cukup untuk mewujudkan keinginanmu yang satu ini, kamu bisa mulai mencari pekerjaan sampingan. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan hobimu. Misalnya fotografi, menulis, menggambar dan lainnya.

Tapi ingat, jangan sampai pekerjaan sampingan ini mengganggu produktivitas pekerjaan utama ya. Namanya juga pekerjaan sampingan, artinya kamu harus tetap fokus dengan pekerjaan utama. 

3. Konsisten Nabung Rutin untuk Umroh

Kini saatnya kamu konsisten dan punya target yang jelas, berapa uang yang harus dikumpulkan untuk mencapai angka tersebut. Misalnya nih, kamu menargetkan menabung sebanyak Rp 50 ribu setiap harinya. Biar lebih seru, kamu bisa memilih instrumen investasi reksa dana untuk tujuan keuanganmu yang satu ini.

Dengan menyisihkan Rp 50 ribu per hari, artinya dalam waktu 1,5 tahun ke depan kamu bisa mendapatkan Rp 28 juta untuk membayar ongkos umroh. Yuk, coba kita hitung biar lebih clear!

Ramadan tahun ini mungkin bisa kamu jadikan ujung tombak memulai rencana besarmu ini. Berhubung puasa, kamu bisa mulai menyisihkan uang jajan harianmu untuk menabung di Bibit. Atur portofolio “Pergi Umroh” supaya kamu makin semangat untuk mewujudkannya.

Gimana Caranya Biar Disiplin Nabung Rutin?

Supaya makin konsisten, kamu bisa mencoba strategi investasi nabung rutin dengan menggunakan fitur Nabung Rutin dengan Jago Autodebit di aplikasi Bibit! Fitur yang satu ini bakal membantu kamu mengatur jadwal nabung dan nominal yang ingin kamu investasikan! Strategi nabung rutin jadi lebih gampang, apalagi kalau pakai pembayaran Jago Autodebit. Semuanya jadi otomatis sehingga kamu nggak akan skip lagi untuk nabung rutin!

Kalau udah tau caranya biar tetap konsisten, sekarang saatnya kita buat simulasi untuk set strategi nabung rutin di aplikasi Bibit. Simak caranya di bawah ini:

Udah siap kan wujudkan pergi umroh dengan hasil keringatmu sendiri? Kalau siap, yuk mulai dari sekarang dan jangan lupa ajak teman-teman yang lain. Siapa tahu, bisa pergi umroh bareng keluarga kamu!

Inget kuncinya yang penting Syabaaaar ya Syabaaarrrr nabung rutin di Bibit!

Writer: Yuni Astutik

Editor: Merissa Maulia