Mau Beli HP Baru, “Cicil” dengan Reksa Dana atau Pakai Kartu Kredit Ya?

Apakah ganti gadget baru di 2022 menjadi salah satu impian kamu? Jika jawabannya ya, kamu pasti sudah punya incaran handphone seperti apa yang kamu inginkan untuk mengganti milikmu yang lama.

Kamu tentu sudah cari tahu dan melakukan review sampai akhirnya tau gadget seperti apa yang kamu mau. Misalnya, ada brand tertentu yang bakal rilis smartphone baru September nanti, hingga misalnya ada HP idaman banyak orang yang rilisnya akhir 2022 mendatang. 

Dari semua review itu, akhirnya kamu sampai pada hal yang harus disiapkan yaitu dananya. Tenang saja, masih memasuki awal tahun kamu punya banyak waktu untuk atur strategi mengumpulkannya. Menyiapkan dana untuk beli HP sejak awal bisa dilakukan supaya kamu punya cukup uang saat produk yang kamu incar resmi rilis di pasaran. 

Sebelum kamu mengumpulkan dana membeli HP ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan!

Kalkulasi pemasukan dan pengeluaran

Pastikan kamu menghitung pemasukan dan pengeluaran dengan cermat. Hitung berapa yang bisa kamu sisihkan untuk budget HP baru ini setelah kamu membayar semua tagihan, kamu bisa memulai nabung dan berinvestasi untuk keperluan penting lainnya. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan bersifat impulsive buying. Kamu juga bisa mulai mencari pekerjaan sampingan alias side hustle jika hal ini dirasa perlu untuk menambah pemasukan.

Pelajari spesifikasi HP yang kamu mau

Sebelum memutuskan membeli HP yang kamu mau, pelajari segala hal tentang produk tersebut. Pastikan teknologi yang ada bisa mendukung kebutuhan dan pekerjaanmu, apalagi bisa mendukung side hustle yang kamu kerjakan. Ingat, jangan membeli sesuatu karena Fear of Missing Out (FOMO) alias hanya karena ikut-ikutan!

Skala prioritas

Kamu pasti punya skala prioritas dalam setiap perjalanan keuanganmu. Pastikan bahwa HP baru ini memang masuk dalam skala prioritasmu. Misalnya, gadget yang kamu pakai sekarang memang sudah waktunya harus diganti sehingga membeli yang baru merupakan suatu kebutuhan.

Jangan tergoda pinjaman

Pembelian menggunakan kartu kredit dengan cicilan 0% hingga pinjaman online yang akan disetujui dalam satu hari memang menarik. Tapi, tidak ada salahnya mengubah mindset yaitu menabung di awal daripada harus membayar cicilan yang bisa membebani keuangan kamu.

Take action!

Setelah kamu merasa poin 1-4 sudah pas, kini saatnya merealisasikan keinginanmu. Misalnya, harga HP yang kamu inginkan diperkirakan sebesar Rp 20 juta. Jika kamu ingin membeli HP baru tersebut pada akhir 2022, artinya kamu harus menyisihkan sebesar Rp 1.750.000 setiap bulannya.

Reksa dana bisa menjadi pilihan kamu untuk mengumpulkan dana yang telah kamu sisihkan setiap bulannya. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan dengan investasi di reksa dana ini. Pertama adalah dengan fitur goal setting dan autodebit di aplikasi Bibit yang akan membantu kamu menumbuhkan kebiasaan menabung setiap bulannya dengan nominal yang sama.

Kemudian cara kedua adalah dengan strategi saving challenge. Strategi ini membuat kamu menabung setiap minggu dengan nominal yang berbeda dan selanjutnya disimpan di reksa dana. Kedua cara tersebut sama-sama melatih kamu untuk mengumpulkan Rp 20 juta dalam setahun. Strategi mana yang paling cocok untukmu? Lagi-lagi pilihan ada di tanganmu!


Jadi, apakah kamu sudah siap mewujudkan keinginanmu membeli HP baru akhir tahun nanti?