Optimalkan Investasi Syariah dengan FR Syariah (PBS)

FR Syariah atau Surat Berharga Syariah Negara Berbasis Proyek (Project Based Sukuk) disingkat SBSN PBS adalah salah satu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. FR Syariah memiliki karakteristik yang sama persis dengan Obligasi FR, namun dikelola dengan prinsip syariah.

FR Syariah diterbitkan dengan prinsip syariah dalam mata uang rupiah. Dana yang dihimpun dari FR Syariah ini digunakan oleh pemerintah untuk membiayai kegiatan tertentu yang dilaksanakan oleh Kementerian Lembaga (K/L). Kabar baiknya, saat ini FR Syariah sudah bisa kamu beli di aplikasi Bibit.

Kenapa FR Syariah Halal?

Obligasi syariah, juga dikenal sebagai sukuk, merupakan surat berharga jangka panjang yang mengikuti prinsip-prinsip syariah dalam semua aspeknya. Dalam penerbitan obligasi syariah, digunakan struktur akad Ijarah - Asset to be Leased.

Dana yang terkumpul dari penerbitan obligasi akan digunakan untuk kegiatan investasi seperti pembelian hak manfaat barang milik negara yang akan disewakan kepada pemerintah, serta pengadaan proyek yang akan disewakan kepada pemerintah. Imbalan bagi pemegang obligasi berasal dari keuntungan hasil investasi tersebut.

Di bawah ini adalah contoh PBS yang bisa kamu beli melalui aplikasi Bibit!

Data per 7 Juli 2023

Alasan Investasi PBS Menarik

Ada beberapa alasan kenapa PBS bisa kamu jadikan pilihan sebagai instrumen investasi. Nggak hanya untuk kamu yang preferensinya syariah, PBS juga bisa menjadi pilihan investasi bagi investor yang preferensinya konvensional atau non-syariah.

1. Imbal Hasil Tinggi untuk Instrumen yang Halal

FR Syariah dikelola dengan prinsip syariah dan menawarkan kupon hingga 6% per tahun. Kupon ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata bunga deposito bank BUMN sebesar 3% per tahun saat ini.

2. 100% Aman Dijamin Negara

Instrumen investasi teraman karena pembayaran pokok dan kuponnya 100% dijamin oleh negara Indonesia. Tidak memiliki risiko gagal bayar. Kepemilikan Obligasi PBS tercatat atas nama kamu sendiri dan bisa diakses kapan saja di Akses KSEI.

3. Bisa Dijual Sebelum Jatuh Tempo

FR Syariah bersifat likuid. Investor memiliki opsi untuk menjual FR Syariah kapan saja sebelum jatuh tempo.

4. Kepastian Return Bisa Kamu Kunci Jika Dipegang Hingga Jatuh Tempo

Investor bisa tahu persis berapa total return pasti yang akan mereka terima setiap tahunnya. Bukan perkiraan return berdasarkan masa lalu.

5. Passive Income Setiap 6 Bulan

Kupon pasti ditransfer ke rekening kamu setiap 6 bulan dari Kementerian Keuangan tanpa peduli kondisi ekonomi naik turun.

Kesimpulan

FR Syariah merupakan instrumen investasi yang halal dan bisa dijadikan passive income. Sehingga cocok buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan per 6 bulan. Contohnya, investasi di FR Syariah bisa dijadikan biaya untuk pembayaran uang kuliah semesteran yang biasa dibayarkan setiap 6 bulan.

Sebagai catatan, sesuaikan nominal besaran investasi dengan kemampuan dan target passive income yang ingin diperoleh. Kamu bisa melihat simulasi perhitungan passive income dari investasi di obligasi di sini!

Siap investasi di instrumen FR Syariah?

Writer: Tim CRM