Pelajari Ketentuan Ini Sebelum Switching Produk Reksa Dana

Switching reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan saat melakukan investasi. Singkatnya, switching reksa dana adalah mengalihkan produk reksa dana kamu ke produk reksa dana lainnya. Banyak orang melakukannya untuk berbagai tujuan, mulai dari mempercepat proses jual beli reksa dana, diversifikasi portofolio, hingga karena adanya perubahan profil risiko. 

Terkait switching reksa dana di Bibit, ada beberapa ketentuan yang penting untuk kamu ketahui. Yuk simak beberapa hal yang perlu kamu perhatikan di bawah ini!

  • Manajer investasi yang mengelola reksa dana harus sama. Jadi, switching tidak bisa dilakukan antar manajer investasi yang berbeda, ya. Hal ini dengan catatan, bahwa tidak semua produk reksa dana kelolaan manajer investasi yang sama bisa dialihkan (switching). Sehingga kembali lagi pada kebijakan tiap manajer investasi. Selengkapnya, kamu bisa klik di sini untuk tahu daftar manajer investasi dan produk reksa dana apa saja yang bisa kamu switching di Bibit. 

  • Ada ketentuan minimum dana untuk melakukan switching, yaitu 110% dari minimum pembelian reksa dana atau 110% dari minimum kepemilikan unit produk reksadana yang ingin di switching

    Contohnya, kamu ingin switching ke produk reksa dana C yang memiliki minimum Rp100.000,-. Maka saat kamu ingin switching, minimum dana yang harus kamu alihkan adalah 110% dari minimum pembelian reksa dana C, atau Rp110.000,-.  

  • Tidak ada biaya tambahan (fee) yang dikenakan dari aplikasi Bibit saat kamu melakukan switching reksa dana. Namun perlu diperhatikan, bahwa ada kemungkinan terkena biaya antar bank tergantung dengan kebijakan manajer investasi. 

  • Cut-off time switching reksa dana sama seperti pembelian dan penjualan reksa dana, yaitu pukul 13.00 WIB*. Kalau kamu melakukan switching sebelum pukul 13.00 WIB, maka akan diproses di hari itu juga dan dan mendapatkan harga NAV di hari tersebut yang di-update pada malam hari. Namun jika kamu melakukan switching di atas jam 13.00 WIB, maka kamu akan mendapatkan harga NAV di hari selanjutnya. 

*cut-off time produk Sinarmas Asset Management dan Pinnacle Asset Management pukul 11.30 WIB. 

  • Untuk jenis reksa dana USD atau Dollar AS belum bisa dilakukan switching. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu berbagai syarat dan ketentuan untuk switching produk reksa dana! Jadi sebelum melakukan switching, jangan lupa untuk teliti dengan ketentuannya dan juga bijak dalam mengambil keputusan ya!