Pilihan Diversifikasi Investasi untuk Investor Institusi

Mengelola keuangan dalam berbisnis menjadi salah satu hal yang esensial. Selain menggunakan dana usaha dengan efisien, mengelola keuangan bisnis pun nyatanya bisa dilakukan juga melalui investasi. Sebab dengan berinvestasi, uang anda berpotensi tumbuh dan memberikan imbal hasil, sehingga bisa memaksimalkan keuntungan. 

Dalam berinvestasi pun, diversifikasi bisa dilakukan tak terkecuali untuk investor institusi atau pebisnis. Dengan diversifikasi ke beberapa instrumen investasi, maka saat kinerja salah satu instrumen sedang menurun, investasi tetap tertopang dengan kinerja dari instrumen lainnya, sehingga dapat mengurangi risiko.

Berikut ini adalah beberapa instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan bagi para investor institusi atau pebisnis:

Deposito untuk Bisnis

Produk keuangan perbankan ini memang cukup populer. Sebab deposito dikenal rendah risiko dengan imbal hasil bunga yang tetap meskipun tidak terlalu tinggi. Namun deposito hanya bisa ditarik sesuai dengan ketentuan jatuh tempo yang disepakati (1, 3, 6, atau 12 bulan). Jika dicairkan sebelum jatuh tempo, biasanya perbankan akan mengenakan penalti. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa bunga deposito akan dikenakan pajak sebesar 20%. 

Obligasi

Memiliki kesamaan dengan deposito, yaitu imbal hasil bunga yang disebut sebagai kupon dan sudah ditetapkan di sejak awal. Ada obligasi yang diterbitkan oleh negara (obligasi pemerintah) yang dijamin pemerintah melalui Undang-Undang dan juga obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan (obligasi korporasi). 

Namun likuiditasnya rendah karena ada jatuh temponya yang bahkan lebih lama dari pada deposito. Biasanya obligasi korporasi memiliki likuiditas lebih rendah, karena rendahnya permintaan dan penawaran obligasi korporasi di pasar sekunder. 

Tapi ada juga beberapa jenis obligasi pemerintah yang bisa diperjualbelikan di pasar sekunder jika ingin dicairkan. Misalnya seperti obligasi Fixed Rate (FR), INDOIS, Obligasi Negara Ritel (ORI), dan lainnya. Hanya saja perlu diingat juga dengan kemungkinan harga jual di harga diskon, sehingga saat dicairkan berpotensi menjadi rugi.

Reksa Dana

Sederhananya, reksa dana merupakan paket investasi yang dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi. Reksa dana memiliki banyak jenis, mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, hingga reksa dana saham. Sehingga reksa dana bisa disesuaikan dengan profil risiko konservatif hingga agresif.

Reksa dana memiliki potensi imbal hasil atau return 3-7% per tahun. Menariknya, reksa dana ini sudah bebas pajak juga, sehingga return yang diterima sudah bersih atau nett. 

Berbeda dengan deposito, reksa dana bisa ditarik kapan saja tanpa dikenakan penalti. Jadi reksa dana bisa menjadi salah pilihan untuk diversifikasi aset investasi perusahaan Anda. 

Diversifikasi Investasi dengan Bibit Bisnis

Bagi anda yang ingin melakukan diversifikasi investasi untuk dana perusahaan, Bibit Bisnis bisa menjadi solusinya. Bibit Bisnis menjadi layanan investasi yang menawarkan alternatif produk investasi bagi idle fund nasabah institusi melalui instrumen reksa dana! 

Keuntungan Bibit Bisnis untuk Investasi Dana Idle Perusahaan

1. Aman Terpercaya

Bibit sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) sudah mendapatkan izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Uang nasabah tersimpan dengan aman di bank kustodian. Ketika ingin mencairkan dana, nanti akan disalurkan langsung ke akun bank atas nama perusahaan atau institusi yang sudah Anda daftarkan.

2. Ada ratusan produk reksa dana yang menjadi pilihan

Tersedia sekitar 130+ produk reksa dana yang sudah diseleksi dengan performa terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Tanpa biaya. Tanpa minimum penempatan

Tidak ada minimal penempatan biaya. Imbal hasil yang nantinya diterima sudah nett, tanpa adanya biaya tambahan atas transaksi jual beli.

3. Wealth Specialist Khusus untuk Anda

Atur strategi kelola dana investasi perusahaan hingga rekomendasi reksa dana yang sesuai kebutuhan bisnis bersama dengan Wealth Specialist yang didedikasikan khusus untuk Anda.

Rasakan Kemudahan Berinvestasi Bersama Bibit Bisnis

Ada 3 fitur andalan yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan investasi bagi perusahaan:

  • Switch Account: Sebagai pemilik bisnis, anda bisa dengan mudah switch dari akun pribadi ke akun perusahaan tanpa perlu repot melakukan proses login dan logout. Anda bisa pantau langsung investasi secara real-time. 

  • Familiar UI Design: tampilannya yang serupa dengan akun Bibit pribadi, sehingga familiar dan makin mudah mengoperasikan akun lewat aplikasi. 

  • Multi-level permission: Miliki kontrol penuh untuk mengatur siapa saja yang dapat mengakses dan mengelola akun Bibit Bisnis perusahaan. 

Jadi, tertarik bergabung dengan Bibit Bisnis? Segera daftar dan optimalkan keuangan perusahaan anda dengan berinvestasi di Bibit Bisnis sekarang!

Writer: Tim Edukasi