Self Reward Beli Skincare dan Album K-POP, Ini Cara Atur Budgetnya!

Gimana awal tahun kalian? Pasti penuh semangat perubahan, betul nggak? Seperti biasa, awal tahun ramai dengan kata resolusi. Siapa nih yang resolusinya masih sama seperti tahun lalu? Ya, kadang kita punya resolusi buat nyenengin diri sendiri. 

Nah, contohnya seperti dua sahabat Via dan Ranaya, yang katanya punya resolusi 2022 yaitu “Harus Hemat, Biar Selamat” (dari godaan diskon dan paylater, maksudnya…) tapi tetap self reward juga penting selama kalian bisa atur budgeting-nya.


Nabung Beli Skincare

Via, gadis berusia 25 tahun yang bekerja di perusahaan FinTech di Jakarta, punya hobi yaitu makeup dan skincare-an. Sedangkan Ranaya, remaja 24 tahun yang baru bekerja di e-commerce, lagi bucin banget sama , iya dia pecinta BTS, boyband asal Korea Selatan.

Cerita dari Via, Via ini paling rajin banget skincare-an dan dia selalu update tentang skincare baru. Satu waktu Via pernah mengalami, saat mau belanja skincare tapi nggak punya uang. Sementara, serum sudah habis tak bersisa. Biasanya hal ini bisa terjadi karena perencanaan keuangan yang kurang baik dan  juga Via suka gonta-ganti skincare secara impulsif yang akhirnya nggak terpakai karena nggak cocok di kulit wajahnya.

Sekarang gimana nih solusinya? Akhirnya Via mulai introspeksi diri dengan mencari produk yang sesuai dengan budget dan permasalahan kulit yang dia alami. Pokoknya stick to her skincare problem, jangan sampai kebawa arus dan hype untuk coba-coba skincare lainnya.

Dan solusi kedua ini penting banget, yaitu mulai nabung beli skincare di aplikasi Bibit. Kuncinya cuma satu, konsisten dan disiplin. Nggak perlu langsung banyak, sedikit demi sedikit bahkan kalau perlu pakai uang kembalian. Gimana cara nabung yang konsisten di Bibit untuk Via belanja skincare? Yuk, simak langkah-langkahnya!

1.  Klik menu Portfolio, dan klik Tambah

2.  Pilih tujuan investasi.mulai dari dana pendidikan, rumah, pernikahan dll. Nah, karena Via mau beli skincare, jadi pilih tujuan "lainnya".

3.  Isi nama Portfolio dengan barang yang mau dibeli yaitu "Skincare", masukkan uang "3.000.000" sebagai target uang yang harus terkumpul dan pilih "November 2022" untuk target waktunya.

4. Setelah itu kamu bisa memilih reksadana dari rekomendasi Robo Advisor atau reksadana pilihanmu sendiri. Klik Lanjut.

5.  Kamu akan mengetahui berapa uang yang sebaiknya ditabung setiap bulan untuk tujuan investasi kamu, lalu klik Simpan.

6.    Klik Simpan Hasil.

7.    Portfolio baru berhasil ditambahkan, klik Investasi Sekarang atau Set Nabung Rutin untuk mulai nabung reksadana demi tujuan investasi kamu.

Nah, dengan cara ini kamu nggak perlu repot karena tabungan buat skincare nggak akan mengganggu kebutuhan pokokmu. Karena nabung reksadana di Bibit, Via bahkan bisa dapat profit dari hasil investasi, bukan malah harus bayar bunga tiap bulan seperti nabung di bank hehe. Selain lebih menguntungkan, tentu bikin kita jadi lebih rajin buat investasi.



Nabung Beli CD Album K-POP

Satu kisah lagi datang dari Ranaya, si gadis “Army” yang ngefans berat sama boyband BTS. Kalau hobi Via ngumpulin skincare, si Ranaya hobi koleksi album CD dan merchandise BTS. Adanya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini membuat para idol K-pop nggak bisa melakukan konser untuk sementara waktu. Karenanya, membeli album CD atau merchandise jadi salah satu cara yang bisa diandalkan untuk mendukung para idola.

Uang yang ia keluarkan untuk album CD dan merchandise bisa mencapai Rp 3 juta. Sebelum membeli merchandise yang cukup menguras kantong, akhirnya Ranaya mengikuti saran Via yang sudah terlebih dahulu nabung reksadana di aplikasi Bibit. Yap, Ranaya mulai mencoba fitur Goal Setting di Bibit, di mana fitur ini cocok banget buat nabung harian, mingguan atau bulanan, sesuai tujuan kamu.

 

Kenapa Goal Setting ini praktis dan cocok untuk pemula seperti Via dan Ranaya?

Karena kita bisa memilih reksadana atas rekomendasi ROBO, yang sudah disesuaikan dengan profil risiko kita. Tapi jangan khawatir,  kita juga bisa mengganti reksadana sesuai dengan pilihan kita sendiri kok.

Selain itu, cukup dengan Rp 100.000 aja kita sudah bisa mulai investasi dan nabung rutin di Bibit. Pembayarannya sendiri bisa manual, tidak terpatok harus invest di tanggal tertentu. Tapi kalau kamu tipe yang sering lupa nabung, kamu bisa gunakan fitur dari Bibit yaitu Autopay. Semuanya gratis, nggak ada biaya komisi atau biaya transfer, bahkan hasil investasi bisa ditarik kapan saja tanpa ada penalti jika kamu ada keperluan mendesak. Metode pembayaran juga variatif banget, bisa transfer manual, virtual account, GoPay, LinkAja, ShopeePay, dan Bank Jago.

Balik lagi ke Ranaya, karena tujuan ia adalah membeli CD dan merchandise BTS, maka Ranaya membuat portfolio baru di akun Bibitnya dengan judul “CD Album BTS”. Caranya mudah banget dan sama seperti yang dilakukan Via. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Klik menu Portfolio, dan klik Tambah

2. Pilih Tujuan Investasi. mulai dari dana pendidikan, rumah, pernikahan dll. Nah, karena Via mau beli skincare, jadi pilih tujuan "lainnya".

3. Isi nama Portfolio dengan barang yang mau dibeli yaitu "CD Album BTS", masukkan uang "3.000.000" sebagai target uang yang harus terkumpul dan pilih "Juni 2022" untuk target waktunya.

4. Setelah itu kamu bisa memilih reksadana dari rekomendasi Robo Advisor atau reksadana pilihanmu sendiri. Klik Lanjut.

5.  Kamu akan mengetahui berapa uang yang sebaiknya ditabung setiap bulan untuk tujuan investasi kamu, lalu klik Simpan.

6.  Klik Simpan Hasil.

7.   Portfolio baru berhasil ditambahkan, klik Investasi Sekarang atau Set Nabung Rutin untuk mulai nabung reksadana demi tujuan investasi kamu.

Nah, agar perencanaan keuanganmu matang, pastikan kamu nggak mengulur waktu untuk memulainya, ya! Misalnya, mulai menabung dari jauh-jauh hari sebelum ada konser K-Pop akan membuat setoran yang kamu keluarkan jadi nggak terlalu banyak. Hal ini karena kamu punya periode menabung yang cukup panjang. Apalagi kalau idol K-Pop sekarang ini sudah mengumumkan edisi merchandise-nya dari berbulan-bulan sebelumnya. Kamu jadi punya waktu buat menabung yang tidak mepet. Yuk, mulai nabung rutin di aplikasi Bibit sekarang dan install aplikasinya di Play Store atau AppStore!