SR017 Sudah Bisa Dipesan, Ini Keuntungan dan Simulasi Imbal Hasilnya!

Pemerintah kembali meluncurkan SBN yang ke-4 di tahun ini, yaitu Sukuk Ritel seri SR017 yang ditawarkan mulai dari 19 Agustus 2022 hingga 14 September 2022. SR017 ditawarkan kepada individu Indonesia dengan tenor selama 3 tahun dan jatuh tempo pada 10 September 2025. 

Yuk simak artikel simulasi perhitungan kupon SR017 ini dan ketahui keuntungan lainnya!

SR017 Sebagai Alternatif Investasi Syariah

Sukuk Ritel SR017 hadir sebagai alternatif jenis investasi yang dikelola secara syariah dan tidak ada unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Oleh sebab itu, Sukuk Ritel bukan termasuk dalam surat utang, melainkan dicatat sebagai bukti kepemilikan atas suatu aset negara dengan imbal hasil kupon yang disebut ujrah atau uang sewa. 

Penerbitan Sukuk Ritel SR017 didasari fatwa yang dikeluarkan secara resmi oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Jadi sudah dipastikan bahwa Sukuk Ritel adalah investasi yang halal. Selain itu, hasil investasi Sukuk Ritel akan digunakan untuk membiayai proyek pembangunan infrastruktur Indonesia. 

Simulasi Perhitungan Kupon SR017

SR017 memiliki sifat kupon tetap (fixed rate) dan dapat diperjualbelikan di pasar sekunder sebelum jatuh tempo. Pemerintah telah menetapkan nilai kupon SR017 sebesar 5,90% per tahun. Jika dikenakan pajak sebesar 10%, maka nilai kupon bersih yang diterima per tahun adalah 5,31%. Kupon ini akan dibayarkan setiap tanggal 10 tiap bulannya mulai dari 10 Oktober 2022 hingga jatuh tempo di 10 September 2025. Minimal pemesanan SR017 adalah Rp 1 juta dan maksimal Rp 5 miliar per individu dengan kelipatan pembelian Rp 1 juta.

Supaya makin jelas, mari simak simulasi perhitungan kupon SR017 berikut ini!

Simulasi Perhitungan Kupon SR017

Jika berinvestasi di SR017 sebesar Rp 10 juta, maka berdasarkan perhitungan dalam tabel di atas, investor akan memperoleh kupon bersih sebesar Rp 44.250 setiap bulan! Tentunya, semakin besar jumlah dana yang kamu investasikan, maka imbal hasil yang kamu terima setiap bulan juga akan semakin besar.

Simulasi Perhitungan Kupon SR017

Keuntungan Lain Berinvestasi di SR017

Selain menerima kupon secara rutin tiap bulan, beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi di SR017 adalah:

  1. Pembayaran kupon SR017 dan nilai pokok investasi saat jatuh tempo sudah dijamin oleh negara melalui Undang-Undang. Jadi sudah pasti aman.

  2. Modal untuk investasi SR017 cukup terjangkau, bisa dimulai dari Rp 1 juta.

  3. Imbal hasil SR017  lebih tinggi dibandingkan bunga deposito BUMN.

  4. Bisa menjadi sumber passive income karena imbal hasil dibayarkan berkala setiap bulan.

  5. Pajak yang dikenakan sebesar 10%, lebih rendah dibandingkan instrumen deposito (20%).

  6. Bisa diperjualbelikan (tradeable) di pasar sekunder antar investor domestik sebelum masa jatuh tempo.

  7. Berinvestasi SBN berarti berkontribusi untuk pembangunan negara. Soalnya, penerbitan SBN bertujuan untuk membantu pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sukuk Ritel SR017 ini bisa menjadi pilihan investasi di tengah kondisi market yang fluktuatif. Sebab nilai kupon yang diterima tidak akan berubah (fixed coupon) hingga jatuh tempo nanti. Sehingga, investasi SR017 cocok untuk investor pemula sampai investor dengan profil risiko agresif yang ingin melakukan diversifikasi investasi!

Jadi, apa kamu tertarik untuk berinvestasi di Sukuk Ritel SR017? Jangan sampai terlewat ya, karena SR017 hanya bisa dipesan dalam masa penawaran saja yaitu 19 Agustus 2022 - 14 September 2022. Pesan SR017 sekarang juga di Bibit, karena Bibit telah ditunjuk Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai mitra distribusi (midis) penjualan SBN dan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)!

Writer: Catharina Kania A.